Tingkat Pengawasan, Panwaslu Gandeng Masyarakat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Tingkat Pengawasan, Panwaslu Gandeng Masyarakat

Panwaslu Koltim menggelar rapat koordinias pengawasan bersama berbagai stake holder menghadapi Pilgub Sultra tahun 2018 mendatang. Foto: Kusdin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra tinggal menyisakan beberapa bulan lagi. Guna mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan, panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kolaka Timur (Koltim) terus memperkuat lembaga pengawasan. Harapannya, pengawasan pada pelaksanaan tahapan hingga pemungutan suara berakhir tanpa hambatan.

Ketua Panwaslu Koltim, Rusnyati Nur Ratibe mengatakan terus mempersiapkan perangkat pengawasan menghadapi Pilgub Sultra tahun 2018. Karena Pilgub merupakan pesta rakyat maka prosesnya harus dikawal agar berjalan lancar, aman dan Jurdil. Untuk itulah, Panwas terus merangkul dan bekerja sama dengan semua elemen masyarakat.

“Kita harus bersinergi menyukseskan Pilgub. Makanya, antara penyelenggara dengan stakeholder maupun masyarakat harus bersinergi dan berpartisipasi menyukseskan tahapan ini,” kata Rusnyati Nur Rabite saat ditemui akhir pekan lalu.

Guna meningkatkan pengawasan kata dia, semua kalangan turut dilibatkan. Mulai tokoh pemuda, tokoh agama, majelis ta’lim dan pemilih pemula turut berpartisipasi mengawasi pesta demokrasi tersebut.

Asisten III Pemkab Koltim, Samsul Bahri Madjid berharap sinergitas semua elemen bisa menyuskeskan Pilgub mendatang. Ia meminta perangkat Panwas di setiap tingkatan bisa bekerja sama dengan semua stakeholder dan masyarakat.

“Kami mengapresiasi peran Panwas dalam meningkatkan pengawasan dengan melibatkan stakeholder serta masyarakat. Mudah-mudahan dalam pelaksanaan semua tahapan Pilgub Panwaslu bisa mengawal dengan baik hingga pemungutan suara. Harapannya, Pilgub nanti bisa melahirkan pemimpin yang jujur dan amanah,” katanya.

Ketua badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra, Munsir Salam menginstruksikan jajarannya melakukan upaya pencegahan atau terjadi kecurangan. Untuk itulah, ia mengingatkan agar koordinasi antara pengawas dan komponen masyarakat harus dijaga.

“Kelompok-kelompok masyarakat, tokoh agama, pemuda maupun stakeholder jangan hanya menyalurkan suaranya tetapi membantu mengawasi tahapan hingga pemungutan suara. Dengan begitu, Pilgub bisa berjalan demokratis dan berintegritas. Pengawas pemilu bukan hanya penindakan dalam pelanggaran pemilu, tetapi ada upaya pencegahan seperti berbagai macam sosialisasi dengan melibatkan pemerintah, TNI dan Polri serta pihak lain yang berkaitan dalam menciptakan secara demokratis dan berintegrasi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat membangun proses demokrasi yang baik” tandasnya. (b/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top