Sidang Perdana Nur Alam Digelar Hari Ini – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Sidang Perdana Nur Alam Digelar Hari Ini

Febri Diansyah

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra nonaktif, Nur Alam bakal menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Jakarta Pusat, hari ini senin (20/11). Berdasarkan situs resmi PN Jakarta Pusat, perkara Nur Alam terdaftar sejak 10 November 2017 dengan nomor perkara 123/Pid.Sus-TPK/2017/PN Jkt.Pst. Juru bicara Komisi Pemberantarasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah membenarkan hal itu.

“Memang benar, bersangkutan (Nur Alam,red) dijadwalkan sidang perdana Senin (20/11),” ujar Febri saat dihubungi, Sabtu (18/11). Dia menegaskan, semua proses dakwaan sudah selesai dan sudah dilimpahkan kepada PN Jakarta Pusat untuk ditindaklanjuti.

Febri menjelaskan, berkas perkara Nur Alam sebenarnya telah dirampungkan penyidik sejak 31 Oktober 2017. Namun kala itu harus dilimpahkan dulu kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK untuk dilanjutkan ke tahap penuntutan. “JPU memiliki waktu 14 hari untuk menyusun dakwaan dalam persidangan. Semua proses itu sudah dilewati, sekarang sudah bisa sidang,” terangnya.

Menghadapi sidang perdana, keluarga dan kerabat Nur Alam terus terus memanjatkan doa agar bisa kuat dan tabah menghadapi persoalan hukum yang sedang menimpanya. Salah satu doa keluarga itu bisa dilihat dari Instagram Story milik sang anak sulung Giona Nur Alam. Sembari memasang capture bergambar jadwal sidang sang ayah, ia memohon doa kepada teman-temannya. “Mohon doanya teman-teman,” kata akun @giona.nuralam.

Nur Alam pernah mengajukan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, namun hakim tunggal I Wayan Karya menolak seluruh permohonan praperadilan tersebut, yang dibacakan pada 12 Oktober 2016.

Untuk diketahui, sejak penetapan tersangka dan dimulainya pemeriksaan saksi pada 1 September 2016 hingga 26 Oktober 2017, total 62 saksi telah diperiksa. Jubir KPK Febri Diansyah mengungkapkan bahwa, mereka yang diperiksa terdiri dari advokat, auditor Kantor Akuntan Publik, notaris, mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Selain itu, beberapa pejabat Pemprov Sultra juga diperiksa. Termasuk Sekretaris Daerah dan PNS di Kabupaten Konawe Kepulauan. Selanjutnya, Head of Legal and Compliance dan karyawan PT AXA Mandiri, pemilik, direktur dan pegawai pada PT Billy Indonesia, karyawan PT Vale Indonesia, dan unsur swasta lainnya. (b/yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top