Realisasi Anggaran 63,92 Persen, BPKAD Sultra Desak OPD – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Realisasi Anggaran 63,92 Persen, BPKAD Sultra Desak OPD

KENDARIPOS.CO.ID — Angka serapan anggaran provinsi Sultra hingga 31 Oktober lalu menempati urutan tiga terbaik nasional. Posisi itu dirilis oleh Kementerian Keuangan RI dalam rapat evaluasi serapan anggaran daerah pekan pertama November lalu. Serapan anggaran Sultra mencapai realisasi 63,92 persen, hanya kalah sedikit dari Jawa Timur dan Gorontalo.

Meski begitu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra, Hj. Isma tetap mendesak seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk menggenjot serapan anggaran. Sebab, tenggang waktu tutup buku semakin dekat. “Realisasi kita variatif. Ada yang sudah hampir 100 persen. Ada pula yang belum sampai 50 persen. Padahal ini sudah bulan November. Bulan depan kita sudah tutup buku,” ujar Hj.Isma, akhir pekan lalu.

Hj. Isma menyebut lima pengguna anggaran yang sudah hampir menyerap semua anggarannya yakni, kepala daerah dan wakilnya, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Sementara lima OPD terendah yakni Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Badan Penghubung Pemerintah Daerah, Dinas Perhubungan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga.

Hj. Isma menambahkan batas pengajuan pencairan anggaran memang Desember mendatang. Hanya saja, untuk lebih tertibnya, dia meminta awal Desember hingga pertengahan semua OPD sudah mengambil anggarannya.

Hal senada disampaikan Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata. Kata dia, salah satu faktor penyebab lambatnya serapan anggaran adalah kebiasaan kontraktor yang mengambil anggaran akhir tahun. “Disimpan dulu. Padahal ini penggerak ekonomi rakyat, lihat saja nanti Desember pasti semua mengajukan pencairan, ditabung-tabung dulu,” katanya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top