Pelabuhan Numana Belum Beri Kontribusi Bagi Wakatobi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Pelabuhan Numana Belum Beri Kontribusi Bagi Wakatobi

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan Pelabuhan Nuaman yang menjadi penghubung antarpulau yakni Wangiwangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko hingga kini belum memberi kontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD). Sejak difungsikan awal 2016 lalu, pelabuhan yang dibangun pada era kepemimpinan Ir. Hugua ini belum menghasilkan pundi-pundi keuangan.

Sebelumnya, Bupati Wakatobi, H. Arhawi, mengakui, sebagian besar pelabuhan di wilayahnya memang belum maksimal. Sebab hanya ada beberapa pelabuhan saja yang memberlakukan karcis masuk. Padahal, jika dioptimalkan tentu akan menambah PAD Wakatobi setiap tahunnya. “Sehingga tidak heran kalau tak ada pemasukan untuk daerah. Sudah pasti daerah rugi setiap tahun,” ungkapnya, akhir pekan lalu.

Arhawi menambahkan, jika setiap hari instansi teknis mengoptimalkan pelayanan dan memfungsikan karcis masuk pelabuhan, maka tidak sedikit uang yang masuk di kas daerah. “Coba dihitung-hitung sudah berapa banyak kerugian daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan menjelaskan, ke depan pihaknya akan memaksimalkan pengelolaan pelabuhan-pelabuhan yang ada.

“Termasuk pelabuhan antarpulau di Numana yang belum memberikan pemasukan bagi PAD sejak dibangun selama ini,” ujarnya. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top