Nakertrans Catat 1.081 TKA Bekerja di Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Nakertrans Catat 1.081 TKA Bekerja di Sultra

Irawan

KENDARIPOS.CO.ID — Tenaga kerja asing (TKA) dari Cina dan Tiongkok di Sultra kian menjamur. Sejak perusahaan tambang banyak beroperasi di bumi Anoa, intensitas arus kedatangan TKA di daerah ini kian deras. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Sultra mencatat sekira 1.081 TKA tersebar di beberapa perusahaan tambang. Jumlah TKA tersebut terdapat di 14 perusahan tambang di Sultra. Paling banyak bekerja di PT VDNI di Kabupaten Konawe.

Sekretaris Dinas Nakertans Sultra, Irawan menyebutkan perusahaan rambang di Sultra menjadi daya tarik tersendiri warga Cina dan Tiongkok sebab gaji mereka relatif besar dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Ditambah lagi mereka memiliki keahlian khusus. “Rata-rata mereka itu memang bekerja di sektor pertambangan. Tapi, ini yang terdaftar di kantor kami yah,” ujarnya.

Menurut Irawan, selain di PT VDNI, para TKA juga tersebar di 13 perusahaan lainnya. Diantaranya, PT Surya Saga Utama di Bombana sebanyak 62 TKA, PT China Gansu International Counstruction di Konawe Selatan 28 TKA, PT.Mapan Asri Sejahtera di Kolaka sekira 11 TKA), PT Jia Ling di Konawe selatan sebantak 9 TKA, Wakatobi Resort sekira 8 TKA dan PT Ifishdeco Konawe Selatan sebanyak 6 TKA. “Kami tetap mengawasi aktivitas TKA tersebut di Sultra,” tambahnya. Irawan menyebutkan tim pengawas orang asing yang ada di lembaganya terus mengawasi dan memantau seribuan TKA tersebut yang terdaftar di Dinas Nakertrans. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top