Lapar Setelah Olahraga? Ini Penyebabnya – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kesehatan

Lapar Setelah Olahraga? Ini Penyebabnya

KENDARIPOS.CO.ID — Maksud hati ingin menurunkan berat badan lewat olahraga, tapi apa daya setelah 45 menit berolahraga justru terasa sangat lapar. Akibatnya kita cenderung ingin makan segala yang ada.

Rasa lapar yang timbul setelah olahraga sebenarnya bisa dipengaruhi oleh jenis latihan yang kita lakukan. Penelitian menunjukkan bahwa semakin intensif latihan kita, maka akan semakin sedikit ghrelin (hormon lapar) yang diproduksi tubuh.

“Jadi tidak ada salahnya mencoba membingkai ulang kelaparan hanya sebagai tanda bahwa tubuh anda menggunakan makanan seperti seharusnya,” kata ahli gizi klinis dan ahli fisiologi olahraga di Encino, California, Lindsea Burns, seperti dilansir laman Furthermore Equinox.

Secara alami kita menganggap kelaparan adalah musuh, tapi yang sebenarnya berarti tubuh anda bekerja dengan sangat efisien sehingga bisa mengatur metabolisme dan menyimpan makanan anda sebagai bahan bakar.

Tetap saja, ada beberapa latihan yang cenderung menghabiskan lebih banyak energi anda daripada yang lain. Sederhananya, kelaparan adalah kebutuhan tubuh anda akan bahan bakar. Saat perut kosong, penelitian menunjukkan bahwa hormon yang disebut ghrelin mengirimkan sinyal ke otak anda untuk makan.

“Semakin intensif latihan anda maka hal tersebut akan semakin mengurangi ghrelin yang diproduksi tubuh anda umumnya,” kata Isabel Smith, seorang ahli diet terdaftar di New York City. “Panjang latihan anda juga bisa memengaruhi seberapa lapar anda. Tubuh anda mungkin merasakan latihan yang panjang sebagai kelaparan,” kata Nancy Clark, MS, seorang ahli gizi olahraga yang berbasis di Boston.

Dan seperti yang anda bayangkan, latihan yang berkepanjangan dan intens seperti latihan ketahanan bisa membuat anda benar-benar lapar. Beberapa orang benar-benar menambah berat badan saat berlatih maraton karena mereka makan berlebihan.

Faktor lainnya adalah hidrasi yang memengaruhi suhu tubuh dan pemulihan (termasuk pengisian bahan bakar). Hidrasi yang tidak kuat bisa memicu gula dan ngidam dan membuat snda merasa lapar saat tidak tidur.

Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup cairan dan kita kehilangan sodium dalam keringat saat kita berolahraga. Suhu tubuh mulai menjelaskan mengapa berenang membuat anda sangat lapar. Aktivitas olah raga kardiovaskular yang intens cenderung memicu nafsu makan pada banyak orang dan karena tubuh tetap dingin di air meski melakukan gerakan yang intens. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top