KPU Konsel Temukan Anggota Parpol Berstatus PNS – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

KPU Konsel Temukan Anggota Parpol Berstatus PNS

Seni Marlina

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan penelitian administrasi dokumen partai politik (Parpol) Konawe Selatan (Konsel) telah dituntaskan. Berdasarkan pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel, masih banyak dokumen Parpol yang perlu diperbaiki. Tidak hanya itu, KPU juga menemukan keanggotaan ganda.

Komisioner KPU Konsel, Seni Marlina mengatakan rapat pleno hasil penelitian administrasi telah diserahkan ke Parpol. Sejumlah dokumen Parpol ternyata masih banyak yang belum lengkap. Ada beberapa indokator yang belum terpenuhi. Sesuai hasil pleno minggu (19/11), ada 14 dokumen Parpol yang diteliti. Yakni Perindo, Berkarya, Gerindra, PAN, PKS, Golkar, Nasdem, Garuda, Demokrat, PDIP, PPP, Hanura, PKB dan PBB.

“Dari hasil pendataan, ada indikasi anggota Parpol yang berstatus PNS, TNI, Polri, ada juga anggota parpol yang usianya belum 17 tahun. Makanya, dalam berkas dokumennya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Selain itu, ada indikasi keanggotaan ganda dalam satu partai dan antar partai,” bebernya akhir pekan lalu.

Dalam penelitian administrasi kata dia, pihaknya meneliti salinan KTP atau KTA. Apakah keanggotaan parpol sudah sesuai ketentuan. Ketika tidak sesuai, maka pihaknya akan memberikan beberapa poin surat pernyataan.

“Apakah tidak memilih partai, atau mau pilih partai atau dikasih pilihan lain. Tergantung yang bersangkutan. Jadi kemarin, minggu (19/11) itu bukan ketua partai yang dipanggil tapi LO-nya. Tujuannya adalah menyampaikan hasil verifikasi administrasi. Karena di dalamnya ada perbaikan data,” kata Divisi Hukum KPU Konsel ini.

Pada dasarnya sambung Seni Marlina, penelitian administrasi adalah tahapan menguji kelengkapan dan keabsaan secara tertulis terhadap administrasi keanggotaan. Hal ini sebagai pemenuhan syarat Parpol untuk menjadi peserta Pemilu. Dalam pelaksanaan verifikasi adminstrasi itu, parpol menyetorkan salinan KTA, KTP dan Suket. Di Konsel, satu Parpol harus memenuhi keanggotaan minimal 306 anggota.

“Jadi objek penelitiannya kita itu adalah kesesuaian data berkas yang diserahkan. Misalnya ada keanggotan pengurus ganda dalam suatu parpol. Kami KPU Konsel itu di sipol melaksanakan penelitian administrasi sebagai syarat untuk menjadi peserta pemilu. Di dalam pemeriksaan itu, KPU menemukan beberapa keanggotaan ganda,” imbuhnya.

Berkas ini kata perempuan berhijab ini, selanjutnya akan diserahkan ke Parpol untuk dilakukan perbaikan. “Untuk masa perbaikan itu mulai tanggal 18 November sampai 1 Desember 2017. Selanjutnya akan dilakukan penelitian hasil perbaikan pada tanggal 2 Desember sampai 11 Desember 2017,” tandasnya. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top