DD Konut Tahap II Dicairkan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Utara

DD Konut Tahap II Dicairkan

Marthen Minggu

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan dana desa (DD) tahap II segera direalisasikan oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut). Jika tak ada hambatan, proses pencairan dana dari APBN untuk pembangunan infrastruktur pedesaan itu akan dicairkan pada pekan ini.

“Berkas surat pertanggungjawaban penggunaan DD baru masuk pada Jumat lalu. Senin sudah bisa diproses pencairannya. Tapi akan dibayarkan pada mereka yang sudah memenuhi kelengkapan administrasi, karena itu syarat utamanya. Yang pastinya kalau surat pertanggungjawabannya lengkap, anggarannya diproses,” tegas Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu, akhir pekan lalu.

Berdasarkan petunjuk teknis, semestinya DD tahap II sudah direalisasikan pada dua bulan lalu. Hanya saja, anggaran dari pusat baru ditranfer sehingga mengalami keterlambatan. Tak hanya itu, pertanggungjawaban penggunaan dana desa juga dianggap sebagai penyebab keterlambatan pencairan. Pasalnya, dari 159 desa yang ada di Konut hampir semua laporan pertanggungjawaban kepala desa belum dimasukan.

Marthen Minggu menegaskan pada staf BPKAD agar meneliti kelengkapan administrasi para kepala desa yang akan mencairkan DD. “Terkecuali ada rekomendasi dari BPMD sebagai sektor yang menaungi pemerintahan desa, maka kita bayarkan,” ujarnya. Dia menambahkan anggaran tahap II yang akan direalisasikan tersisa Rp 200 juta hingga Rp 300 juta atau 40 persen dari total anggaran setiap desa. “Jika diakumulasi, dari keseluruhan desa masih sekitar Rp 48 miliar anggaran dana desa,” rinci Marthen Minggu. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top