Bawaslu Rekomendasi 9 Parpol Diakomodir KPU – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Bawaslu Rekomendasi 9 Parpol Diakomodir KPU

Bawaslu RI menggelar sidang putusan penanganan pelanggaran administrasi Pemilu di kantor Bawaslu Jakarta. Foto: JPNN

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima pendaftaran sembilan partai politik (Parpol) untuk diverifikasi sebagai calon peserta Pemilu 2019. Sembilan Parpol ini sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi persyaratan awal, karena data kepengurusan yang diserahkan tidak sesuai kebijakan KPU, yaitu melampirkan data yang telah diinput di sistem informasi Parpol (Sipol) pada laman KPU.

Parpol tersebut masing-masing Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) kubu AM Hendropriyono, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Islam Damai dan Aman (Idaman), Partai Bhinneka, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Republik, Partai Rakyat, Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Indonesia Kerja (PIKA).

Pada putusan yang dibacakan di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (15/11), pengawas Pemilu hanya menolak satu pengaduan dari sepuluh pengaduan yang ada. Yaitu pengaduan dari PKPI kubu Haris Sudarno. Karena menilai langkah penyelenggara pemilu sudah benar, hanya menerima pendaftaran dari pengurus Parpol yang mengantongi Surat Keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Menyatakan KPU telah melakukan pelanggaran administrasi tentang tata cara dan prosedur pendaftaran partai politik,” ujar Ketua Bawaslu Abhan saat membacakan satu persatu putusan dari permohonan yang diajukan sembilan partai politik di Gedung Bawaslu.

Dalam putusannya, Bawaslu juga memerintahkan KPU memperbaiki tata cara dan prosedur pendaftaran, dengan menerima dokumen pendaftaran sembilan parpol yang ada sesuai ketentuan Pasal 176 ayat 1 UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu.

“Memerintahkan KPU melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan pendaftaran (sembilan partai politik) secara fisik dan memerintahkan KPU melaksanakan keputusan paling lambat tiga hari sejak keputusan dibacakan,” katanya.

Bawaslu mendasari keputusannya berdasarkan sejumlah pertimbangan. Antara lain, pengutamaan penggunaan sistem Sipol sebagai dasar penilaian untuk menentukan keterpenuhan persyaratan pendaftaran, dinilai tidak mendasar. Sipol kata Abhan, bukan instrumen pendaftaran yang diperintahkan oleh UU Pemilu, sehingga Sipol bukan merupakan prosedur pendaftaran bagi partai politik untuk menjadi calon peserta Pemilu 2019.

Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyambut positif keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima pendaftaran partainya menjadi calon peserta Pemilu 2019. Dengan adanya keputusan tersebut maka tidak ada alasan bagi penyelenggara pemilu menolak pendaftaran PBB, untuk diverifikasi menjadi calon peserta Pemilu 2019.

“Saya yakin PBB (jadi peserta pemilu). Karena sejak awal persyaratan sudah lengkap dan saya kira dibanding semua partai yang membawa permasalahan ke Bawaslu, dokumen PBB yang paling lengkap,” ujar Yusril di Gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (15/11).

Yusril optimistis karena dokumen yang diserahkan benar-benar telah lengkap. Dokumen tersebut juga telah diserahkan ke Bawaslu selama proses penanganan permohonan pengaduan PBB di Bawaslu. Melingkupi data pengurus PBB di 34 provinsi, 514 kabupaten/kota dan 5.000 kecamatan yang ada di Indonesia.

“Semua sudah dikopi, aslinya sudah dikasih materai dan sudah diserahkan pada Bawaslu dan sudah cek semua, itu memang lengkap. Jadi Bawaslu hanya perintahkan untuk sekali lagi dicek oleh KPU dalam waktu waktu tiga hari ini,” ucapnya.

Menurut Yusril, jika dari pengecekan yang dilakukan KPU dalam tiga hari ini berkas dinyatakan lengkap, maka PBB harus dinyatakan lolos verifikasi administrasi untuk kemudian nantinya ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019. “Dengan demikian ya kami tunggu saja KPU melaksanakan keputusan ini dalam waktu tiga hari. Bagi kami tidak ada persoalan apa pun. Kami sangat yakin seyakin-yakinnya, dokumen sudah lengkap,” pungkas Yusril.(gir/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top