Akibat Kerusakan Pipa Transmisi Pohara, PDAM Rugi Rp 164 Juta Setiap Hari – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Akibat Kerusakan Pipa Transmisi Pohara, PDAM Rugi Rp 164 Juta Setiap Hari

Damin (baju merah) saat memimpin langsung perbaikan pipa rusak di Desa Totombe Jaya, Konawe. Kerusakan pipa milik PDAM diakibatkan pekerjaan drainase proyek jalan. Akibatnya, PDAM merugi ratusan juga setiap hari selama kerusakan itu terjadi. Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARPOS.CO.ID — Sejak Kamis pagi pekan lalu, distribusi air disejumlah kecamatan di Kendari macet total. Pipa transmisi dari sumber air baku Pohara copot dari sambungan akibat pekerjaan drainase di Kabupaten Konawe. Bukan hanya masyarakat yang terganggu aktivitasnya karena terhentinya penyaluran air, tetap PDAM juga mengalami kerugian ratusan juta setiap hari, selama kerusakan itu terjadi.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari, Damin SE mengatakan debit air yang dialirkan dari sumber Pohara sebanyak 297 liter per detik. Jika dikonversi ke rupiah maka dalam sebulan dihargai dengan Rp 164 juta. “Jadi bisa dibilang sejak Kamis itu kita sudah kehilangan Rp 164 juta, sampai hari Minggu ini (19/11) belum selesai, sudah Rp 500 jutaan,” ujar Damin, Minggu (19/11).

Olehnya itu, dia berharap masyarakat dapat memaklumi kondisi PDAM saat ini. Sebab perusahaan plat merah itu sudah bekerja semaksimal mungkin bahkan hingga larut malam agar distribusi air kembali normal. “Pipa yang lepas ada tiga, kita sudah dibantu dengan alat berat milik kontraktor dan itu sudah tersambung kembali,” kata Damin.

Sabtu malam kata Damin, kondisi sambungan pipa sempat diuji coba selama kurang lebih satu jam. Namun ditemukan ada satu titik yang mengalami kebocoran sehingga pipanya harus diganti. “Tadinya hari Minggu ini (19/11) sudah bisa mengalir tapi karena ada lagi (pipa) yang bocor kita perbaiki seluruhnya. Setelah itu tuntas barulah bisa kita anggap selesai,” ungkapnya.

Jika tak ada aral lagi, paling lambat Senin malam, air bersih sudah bisa tersalurkan ke masyarakat. “Kita berdoa dan berharap besok (hari ini) sudah selesai,” pungkasnya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top