Tak Tertib Administrasi, Banyak Sengketa Lahan di Konkep – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Kepulauan

Tak Tertib Administrasi, Banyak Sengketa Lahan di Konkep

KENDARIPOS.CO.ID — Sengketa lahan kian marak terjadi di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) saat ini. Badan Pertanahan Nasional (BPN) di daerah itu sudah menemukan penyebab sengketa lahan yang sering terjadi di Pulau Wawonii. Pemboikotan lahan di Jalan 40 dan pembangunan perumahan yang diperuntukan bagi nelayan di Kecamatan Wawonii Barat, adalah beberapa kasus yang ditemukan.

Kepala BPN Konkep, Suangto mengatakan, sengketa lahan yang sering terjadi di masyarakat ditengarai karena adanya kesalahan administrasi. “Kami adakan sosialisasi untuk menertibkan administrasi prosedur sertifikat tanah. Sengketa lahan yang terjadi saat ini karena persoalan tersebut,” kata Suangto, jumat (17/11).

Pihaknya melibatkan Bagian Hukum Setkab Konkep untuk menyelesaikan persoalan lahan yang terjadi di daerah itu. “Kepemilikan lahan atau tanah harus sah menurut undang-undang agar tidak ada lagi sengketa,” terangnya. Untuk mengantisipasi, BPN Konkep juga melibatkan kepala desa (Kades) agar kepemilikan tanah masyarakat bisa diketahui pemerintah setempat. “Kadesnya harus terjun langsung untuk mengukur lahan warga. Agar pemerintah desa mengetahui lahan itu, untuk menghindari tidak tertibnya administrasi dari desa,” pintanya.

Ia menambahkan, pengalihan hak atau penguasaan tanah harus dilakukan dengan mengajukan surat permohonan ke BPN Konkep, agar pihaknya bisa meneliti dan mengukur untuk penerbitan sertifikat. (c/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top