Tahun 2018, Setiap Anak Wajib Punya KIA – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Tahun 2018, Setiap Anak Wajib Punya KIA

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Terhitung tahun depan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari akan memberlakukan kewajiban setiap anak mempunyai Kartu Identitas Anak (KIA). Disdukcapil telah menganggarkan dalam APBD 2018 untuk mendukung kebijakan kewajiban anak memiliki KIA yang diamanahkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang KIA. Anggaran tersebut untuk pengadaan mesin cetak KIA.

Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Halili mengatakan awal tahun 2018, kewajiban memiliki KIA bagi setiap anak umur nol sampai dengan 17 tahun resmi diberlakukan. “Kami akan membeli alatnya dulu lalu memberlakukan Permendagri tentang KIA itu. Pengadaan alat itu tanggung jawab setiap daerah. Saya sudah cantumkan dalam Renstra APBD 2018 untuk penganggaran multi years. Jadi kalau APBD kita mendukung dan mesin cetak sudah kita beli, Insya Allah akan kami berlakukan,” ujar Halili saat ditemui Kendari Pos, jumat (17/11).

Halili menjelaskan KIA sangat penting dimiliki setiap anak. KTP khusus anak ini terdiri dari dua jenis. KIA berusia 0-5 tahun dan KIA berusia 5 sampai 17 tahun. “Kalau sekarang kan masih pakai akta kelahiran dan kegunaannya masih sangat terbatas. Sedangkan KIA sangat penting untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik, serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak kontitusional warga negara, khususnya anak,” tutupnya. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top