Pilkada di Sultra Jadi Perhatian Kemendagri – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Pilkada di Sultra Jadi Perhatian Kemendagri

Tjahyo Kumolo

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai mengidentifikasi sejumlah daerah yang potensi kerawanannya tinggi saat pemilihan kepala daerah (pilkada). Salah satu daerah yang menjadi perhatian adalah Sultra. Meski selama ini, dalam pelaksanaannya aman-aman saja, namun tetap saja butuh antisipasi. Seringnya terjadi pemungutan suara ulang (PSU) adalah salah satu indikatornya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo meminta semua elemen menjaga kondusivitas selama pilkada berlangsung. Di berharap penyelenggara (KPU dan Bawaslu) bisa menjaga integritas dan profesionalismenya dalam bekerja. Sebab, tidak sedikit kericuhan saat pilkada terjadi karena mereka tidak maksimal dalam menjalankan tugas. “Termasuk juga soal data pemilih. Seolah-olah proses validasi data tidak pernah tuntas, sehingga memicu masalah,” kata Tjahyo Kumolo, jumat (17/11).

Bukan hanya itu, sumber masalah lain yang juga jadi penyebab adalah para kandidat. Ada diantara calon atau tim sukses yang memancing persoalan, sehingga pendukung pasangan lain tersinggung. Akibatnya, muncul keributan dan berimbas pada keamanan daerah. “Saya harap semua paslon nanti berpolitik santun. Jangan halalkan segala cara untuk meraih kemenangan,” jelasnya.

Untuk diketahui, pada pilkada serentak tahun depan, ada tiga pilkada plus pilgub di Sultra. Dia berharap kandidat tidak melakukan kampanye hitam dan menggunakan isu sara selama pilkada. “Kita tidak ingin terjadi lagi PSU. Sebab itu hanya menghabiskan waktu, materi dan tenaga. Semoga saja pilkada di Sultra lebih baik lagi, termasuk daerah lain,” terangnya.

Staf Khusus Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bidang Pemerintahan, Budi Prasetyo mengatakan kerawanan terjadi ketika pihak KPUD dan Bawaslu tidak menjalankan tugasnya dengan baik, sebagaimana amanah undang-undang. “Penyelenggara harus memahami se[enuhnya undang-undang pilkada yang baru,” ujar Budi Prasetyo, kemarin. (b/yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top