Masyarakat Tetap Optimis Ekonomi Sultra Tumbuh – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Masyarakat Tetap Optimis Ekonomi Sultra Tumbuh

Atqo Mardiyanto

KENDARIPOS.CO.ID — Sempat goyang namun kembali bangkit dan terus bertahan. Seperti itulah gambaran kondisi ekonomi masyarakat Sultra dalam tiga bulan terakhir. Ditandai dengan nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) yang mampu mendaki hingga level 110,03. Sebagai bocoran, naiknya kondisi ekonomi masyarakat didorong oleh meningkatnya pendapatan rumah tangga.

Lebih detail, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra, Atqo Mardiyanto menjelaskan, kondisi ekonomi konsumen Sultra tetap meningkat kendatipun optimisme masyarakat menurun dibanding triwulan sebelumnya (111,59). Nah, kondisi ekonomi didorong naik oleh peningkatan pendapatan rumah tangga. Masih adanya penerimaan gaji 13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri. Hebatnya, inflasi yang menghantam Bumi Anoa di triwulan tiga ternyata tidak terlalu mempengaruhi pengeluaran rumah tangga.

“Konsumsi bahan makanan dan makanan jadi di restoran sekaligus bukan makanan mencakup pakaian, perumahan, pendidikan, transportasi, komunikasi, kesehatan dan rekreasi secara umum mengalami peningkatan dengan optimisme yang lebih rendah dari triwulan sebelumnya. Kenaikan tingkat konsumsi turut menegaskan adanya perbaikan kondisi ekonomi konsumen,” paparnya.

Sementara faktor penggerak yang juga meningkatkan konsumsi adalah liburan sekolah dan lebaran Idul Adha di akhir triwulan tiga tahun ini. Sehingga, masyarakat menilai volume konsumsinya meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.

“Namun kami perkirakan, nilai ITK triwulan berikutnya akan menurun karena hanya sebesar 94,33,” beber Atqo. Penurunan tingkat optimisme konsumen tersebut bakal lebih rendah karena pendapatan rumah tangga bakal turun, utamanya bagi ASN, TNI dan Polri, pasalnya gaji 13 sudah dibayarkan pada triwulan tiga. Berkurangnya pendapatan rumah akhirnya memicu pengurangan pembelian barang tahan lama. Ini hanya akan terjadi di Sultra dan tidak untuk wilayah lainnya di Pula Sulawesi. Pasanya, perkiraan ITK Sulawesi utara sebesar 112,15, Sulawesi Tengah sebesar 105,64, Sulawesi Selatan sebesar 101,44, Gorontalo sebesar 100,98 dan Sulawesi Barat sebesar 100,27. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top