Marak Perambahan Hutan, Bencana Alam Mengintai Kolut – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Marak Perambahan Hutan, Bencana Alam Mengintai Kolut

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan hutan lindung (HL) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang geografisnya didominasi perbukitan, sebenarnya sangatlah berperan penting bagi keseimbangan ekosistem. Perambahan hutan secara berlebihan justru sangat berpotensi mengundang bencana alam bagi masyarakat itu sendiri, khususnya di sekitar HL.

Pendapat tersebut ditegaskan Kepala Balai Pemanfaatan Kawasan Hutan XXII Kendari, Lontas Jones Sirait bersama tim dari Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) saat mengadakan konsultasi publik tentang penyusunan hutan dan rencana pengelolaan Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Unit XVI Patampanua Selatan Kolut.

KPHL dinilai penting agar hutan tetap lestari dan bermanfaan bagi masyarakat itu sendiri dan bukan mengundang bencana longsor, banjir bandang hingga banjir tahunan sebagaimana yang kerap melanda Kolut belakangan ini. “KPHL ini harus ada rencana pengelolaannya dan sudah dibuat draf untuk kami konsultasikan dulu,” ujar Sirait, jumat (17/11).

Menurut dia maraknya perambahan tidak terlepas dari tuntutan ekonomi masyarakat itu sendiri yang tak bisa dipungkiri. Pihaknya akan menggabungkan kawasan yang dapat dimanfaatkan masyarakat tanpa meninggalkan asas manfaat hutan agar tetap lestari. “Akan ada benang merahnya (batas) dan tidak boleh diperlebar dengan cara dirambah karena penegakan hukum pasti ada dari Dishut,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan Dishut Sultra, Sahid, mengatakan rencana pembentukan KPHL di Kolut karena keberadaan HL yang paling menonjol. Lintas instansi mulai dari OPD hingga Kades dan masyarakat sengaja dihadirkan agar mengetahui kondisi tersebut. “Kami minta agar mereka bisa menggambarkan kondisi nyata HL di lapangan. Misalnya, sosial budaya, serta potensi-potensi untuk kelengkapan dalam menyusun rencana pengelolan pembentukan KPHL,” ujar Sahid. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top