Dikbud Sultra Akan Evaluasi SLB – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Dikbud Sultra Akan Evaluasi SLB

La Samahu

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah Sekolah Luar Biasa (SLB) di Sultra baik negeri maupun swasta ada sekitar 50 sekolah. Jumlah itu didominasi oleh swasta atau yayasan. Bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, 50 SLB itu terlalu banyak. Dikhawatirkan pembangunan SLB itu hanya sebagai “tiket’ untuk mendapat sokongan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Karena itu, tahun 2018 Dikbud berencana mengevaluasi keberadaan puluhan SLB itu.

Rencana evaluasi SLB diungkapkan Manager Dana BOS Dikbud Sultra, La Samahu. Menurutnya, revitalisasi SLB itu juga ditujukan untuk penghematan anggaran dana BOS tahun 2018. Kata La Samahu, ada beberapa kecamatan di Sultra yang SLB-nya berjumlah tiga sekolah. “Tidak masuk akal, satu kecamatan terdapat ratusan orang yang buta huruf, sehingga harus ada SLB lebih dari satu. Itu pun kelihatan siswanya kadang hanya 20 sampai 30 orang,” ujar La Samahu, jumat (17/11).

Padahal lanjut La Samahu, standar pengajuan dana BOS itu minimal terdapat 60 siswa dalam satu sekolah. “Entah 30 siswanya tetap kita siapkan 60 karena sudah itu standarnya,” tukasnya.

Selain mengevaluasi SLB, pengajuan dana BOS sekolah swasta juga akan diperketat. “Sejak ada kebijakan dana BOS ini, banyak sekolah swasta yang tumbuh. Saya tidak bilang semuanya menjadikan ini sebagai peluang bisnis, tapi patut kita khawatir ini terjadi di lapangan,” tambahnya.

Menurut La Samahu, untuk mendirikan sekolah swasta harus dipertimbangkan bagaimana tenaga pengajarnya dan bagaimana kelayakannya. Sebab biasanya SLB atau sekolah swasta hanya mengandalkan dana BOS itu untuk membiayai seluruh kebutuhan sekolah. “Mulai tahun depan (2018) kita periksa izin operasionalnya. Kalau belum cukup dua tahun maka belum layak terima dana BOS,” tegasnya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top