BPOM Kendari Sita 174 Produk Ilegal – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

BPOM Kendari Sita 174 Produk Ilegal

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kendari menemukan 174 produk ilegal. Temuan itu berupa produk makanan, obat-obatan dan kosmetik. Sudah tiga hari belakangan ini, BPOM Kendari melakukan pengawasan dan penertiban produk ilegal. Sasarannya adalah mini market dan pasar-pasar di Sultra. Produk ilegal itu ditemukan di dua daerah, Konawe dan Konsel.

Kepala BPOM Kendari, Adilah Pababbari mengatakan penertiban itu dilakukan dalam rangka mencegah peredaran produk ilegal. Menurutnya, masih banyak produk makanan, obat-obatan dan kosmetik yang beredar secara ilegal. Terbukti, sejak anak buahnya itu turun ditemukan 174 item produk ilegal dengan total 1.249 kemasan. Semuanya bernilai ekonomi mencapai Rp 22.754.000. Temuan itu disita oleh BPOM untuk diamankan. “Ini operasi khusus yang kami gelar,”ujar Adilah, jumat (17/11).

Di Kabupaten Konawe, BPOM menyita kosmetik ilegal di beberapa tempat. Diantaranya Pasar Wawotobi, Pasar Pondidaha. Di Konsel, BPOM menyita produk ilegal di Pasar Kolono. Jumat kemarin, anak buah Adilah melaksakan operasi penertiban produk ilegal alias tanpa izin edar di Kota Kendari. Sebagian dilakukan di Pasar Anduonohu dan sebagian lagi di Mal Mandonga. Tidak ditemukan produk di lokasi itu. Ini menunjukkan sebagian pedagang ada yang sudah menyadari. “Kalau kita temukan, untuk yang satu kali kita berikan peringatan. Kalau sudah berkali-kali maka kita amankan dan sita produknya,” ungkapnya.

Wanita berhijab ini menyebtukan BPOM saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan penertiban produk ilegal. Ini berkaitan dengan banyaknya produk yang dijual dipasaran tapi tidak terdaftar di BPOM. Karena itu berpotensi membahayakan pengonsumsinya, maka BPOM tak segan-segan menghentikan aktivitas penjual atau menyita produk ilegal yang ditemukan tersebut. (ade/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top