Alwi Hamu: Pemimpin di Sultra Penuh Inovasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Alwi Hamu: Pemimpin di Sultra Penuh Inovasi

KI-KA: Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin, Komisaris Jawa Pos Group Dorothea Samola, Asisten 1 Pemprov Sultra Sarifuddin Safaa, Komisaris Fajar Group Syamsu Nur, Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto, Kajati Sultra Azhari, SH.,MH dan Koordinator Staff Ahli Wapres RI yang juga CEO Fajar Group Alwi Hamu foto bersama usai penyerahan penghargaan kepada para tokoh Sultra di Grand Clarion Hotel Kendari, jumat (17/11) malam. Foto: LM Syuhada Ridzky

KENDARIPOS.CO.ID — Malam puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-22 Kendari Pos berlangsung semarak, jumat (17/11) malam. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk ramah tamah dirangkaikan dengan penganugerahan penghargaan kepada 31 tokoh Sultra 2017. Ratusan undangan hadir dan mengikuti seluruh rangkaian acara. Mereka tak melewatkan penampilan para pemenang lomba seni budaya se-Sultra, hingga testimoni para tokoh.

Banyaknya tokoh yang mendapatkan penghargaan menuai apresiasi dari Koordinator Staff Ahli wakil Presiden RI, Alwi Hamu. Menurutnya, wajar kalau Sultra berkembang begitu cepat, karena para pemimpinnya memiliki inovasi yang sangat luar biasa. “Selamat untuk para tokoh. Teruslah berinovasi untuk menciptakan kesejahteraan kepada masyarakat,” ungkap Alwi Hamu saat memberikan sambutan.

CEO Fajar Group ini sangat yakin, kalau semua pemimpin di Sultra tetap berpegang teguh pada komitmen untuk mengabdi kepada masyarakat, maka tidak mustahil berbagai terobosan cerdas akan kembali muncul di masa mendatang. Apalagi, daerah ini memiliki potensi tambang yang begutu besar. “Jadi tinggal komitmen saja. Saya yakin melihat inovasi yang dilahirkan melalui penghargaan tokoh ini, Sultra bisa semakin maju ke depan,” optimisnya.

Tak hanya memberikan sanjungan kepada para tokoh yang mendapat penghargaan, Alwi Hamu juga menyampaikan banyak hal tentang peran media dan pembangunan daerah. Menurutnya, media lahir bukan sekadar mencari profit atau keuntungan, lebih dari itu, harus ikut mendukung pembangunan daerah. “Kendari Pos telah menunjukkan hal itu. Dengan tagline Santun dan Menginspirasi, selalu menjadi media kontrol yang cerdas bagi pemerintah daerah dan para pemimpin lembaga,” jelasnya.

Tak hanya itu, media juga menjadi alat komunikasi yang paling efektif untuk menghubungkan pemerintah dengan masyarakat. Kendari Pos telah melakukan langkah tepat dengan membuat brand santun dan menginspirasi. Sehingga, meskipun memberikan kritikan pada sebuah kebijakan, tapi tetap memberikan solusi. “Inovasi pemberitaan seperti ini sangat dibutuhkan. Bukan hanya supaya eksistensi media tetap terjaga, tapi juga keinginan masyarakat bisa diketahui pemerintah. Kalau hubungan seperti ini terus dijaga, maka pembangunan daerah akan semakin maju,” katanya.

Masih soal media, Alwi juga menjelaskan tentang keraguan sebagian orang tentang eksistensi media cetak di masa depan. Khususnya di tengah gempuran media online dan media sosial. Menurutnya, secara umum memang media cetak di skala nasional akan mengalami sedikit penurunan. Namun, situasi berbeda akan terjadi di daerah. “Media di daerah akan terus bertumbuh. Sebab, segmennya tentang kondisi daerah itu. Kami sudah membuktikan hal itu. Kehadiran Kendari Pos dan beberapa media lokal di Indonesia Timur menjadi penegasan hal itu,” terangnya.

Alwi juga sempat bernostalgia, saat pertama kali datang membangun Kendari Pos 22 tahun lalu. Kondisinya kala itu masih belum memungkinkan untuk sebuah media bisa tumbuh. Maklum, karena kendaraan saja masih bisa dihitung jari. Namun, karena keyakinan yang mantap dan didukung kerja sama tim yang mantap, sehingga bisa terus eksis sampai sekarang. “Dan saya yakin Kendari Pos akan semakin sukses dengan berbagai inovasi yang sudah dilakukan,” ujarnya.

Hal lain yang mendukung keyakinan itu, lanjut dia, ekonomi Indonesia tahun 2018 bakal semakin membaik. Perbaikan indrastruktur yang mulai merata bisa menjadi salah satu pemicunya. Makanya, media juga harus bisa mengambil peluang itu.

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto ikut mengapresiasi penghargaan yang diberikan Kendari Pos kepada semua tokoh. Menurutnya, semangat dari adanya penghargaan ini adalah komitmen untuk selalu berbuat yang terbaik buat Sultra, sesuai tupoksi masing-masing. “Media, khususnya Kendari Pos harus menjadi kontrol buat kita semua, supaya bekerja lebih baik lagi,” ungkap Andap saat didaulat untuk memberikan sambutan.

Tak lupa, dirinya juga mengucapkan selamat HUT ke-22 Kendari Pos. Di usia yang sudah tak muda lagi, dirinya berharap Kendari Pos makin santun dan menginspirasi, sesuai tagline yang dianutnya. “Intinya, mari terus membangun komunikasi yang baik untuk membangun Sultra. Jangan ada distorsi komunikasi yang bisa menghambat kebersamaan,” harapnya.

Beberapa tokoh yang juga dimintai testimoninya adalah Anggota DPR RI Tina Nur Alam, Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada (mewakili kepala daerah), Kepala BPKAD Sultra Hj Isma, Direktur Bank Sultra Khaerul Kumala Raden dan lainnya. Mereka semua juga memberikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan Kendari Pos. “Media ini (Kendari Pos,red) telah membantu kerja-kerja kami dalam hal publikasi kepada masyarakat,” ujar Tina Nur Alam.

Kata dia, Kendari Pos juga telah berjasa dalam mengawal dan mendukung pembangunan daerah. Banyak keberhasilan pembangunan bisa diketahui masyarakat berkat pemberitaan yang dilakukan. “Jaya terus Kendari Pos. tetap jadi pelopor dalam mendukung pembangunan daerah,” katanya.

Kepala BPKAD Sultra, Hj Isma juga punya pandangan serupa. Menurutnya, tanpa pemberitaan media, maka masyarakat akan sulit mengetahui apa yang sudah diperbuat. “Terima kasih atas dukungan selama ini. Kita bisa sampai pada titik ini berkat Kendari Pos juga, salah satunya,” katanya.

LM Rajiun juga mengakui jika peran Kendari Pos sangat signifikan dalam pembangunan daerah. Muna Barat baru tiga tahun terbentuk sebagai otonomi baru. Namun berkat peran aktif dari Kendari Pos sudah memberikan banyak kontribusi. “Muna Barat menjadi otonomi baru tercepat juga tak terlepas dari Kendari Pos yang tak henti-hentinya menjembatani komunikasi antara pemerintah dan masyarakat dan masyarakat ke masyarakat, terima kasih Kendari Pos,” ungkapnya.

Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin mengatakan pihaknya sengaja menampilkan keragaman seni dan budaya daerah itu untuk memupuk kembali kekhasan Bumi Anoa yang begitu banyak.

Lebih lanjut Irwan mengatakan diusianya yang ke 22 telah terbukti bahwa harian Kendari pos adalah bagian dari masyarakat dan pemerintah daerah. “Kami tumbuh bersama masyarakat dan pemerintah selama 22 tahun. Selama itu kami terus belajar, berinovasi dari prinsip bed news is good news sampai berubah paradigmanya sekarang good news is the best news,” paparnya saat memberikan sambutan.

Irwan tak menampik jika persaingan yang lebih modern saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi Kendari Pos. Namun hingga hari ini Kendari Pos tetap mampu menjaga eksistensinya untuk tetap menjadi media terbaik di Sultra. “Kami terus berbenah. Bekerja 24 jam, meski selalu dikejar deadline kami berusaha menyajikan berita terbaik yang dibutuhkan masyarakat,” tambahnya.

Terkait pemberian penghargaan itu diharapkannya menjadi motivasi bagi penerima untuk meningkatkan pengabdian pada masyarakat. “Selama setahun ini kami pelototi terus siapa yang benar-benar menjadi inspirasi dalam pengabdiannya dan kami temukan 31 tokoh itu,” imbuhnya.

Sekadar tambahan, Selain para tokoh seperti Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto beserta jajaran, Kajati Sultra Azhari beserta jajaran, Anggota DPR RI Tina Nur Alam, Umar Arsal, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, mantan Wali Kota Kendari dua periode Ir Asrun hingga beberapa kepala daerah. Semua juara lomba seni buda se-Sultra ikut hadir. Estimasinya hampir seribu orang menghadiri kegiatan yang dipusatkan di Grand Clarion Hotel Kendari tersebut. (b/ely/ing)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top