50 Peserta Ikut Sertifikasi Pengadaan Barang di Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

50 Peserta Ikut Sertifikasi Pengadaan Barang di Sultra

Para peserta mengikuti pelatihan dan bimtek sertifikasi pengadaan barang dan jasa pemerintahterintegrasi yang digelar BPBJP Setda Sultra. Ke depan, seseorang yang tak memiliki sertifikat keahlian tidak diperbolehkan terjun dalam aktivitas lelang proyek. Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pejabat pengadaan barang dan jasa mungkin sudah banyak di Sultra. Tapi pejabat pengadaan yang bersertifikasi bisa jadi masih hitung jari. Mengatasi minimnya pelaku pengadaan barang dan jasa bersertifikasi, Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJP) Setda Provinsi Sultra menggelar pelatihan dan bimtek sertifikasi pengadaan barang dan jasa terintegrasi. Pelatihan dan bimtek dimulai 13 November lalu dan berakhir 17 November.

Bimtek itu dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan ahli pengadaan barang dan jasa sesuai dengan kompetensi yang disyaratkan UU. Kepala BPBJP Provinsi Sultra, Rony Yakob mengatakan saat ini kompetensi pejabat pengadaan harus diperketat. Mereka yang tak memiliki sertifikat keahlian tidak diperbolehkan terjun dalam aktivitas lelang proyek. Meskipun berkualifikasi sarjana, baik strata satu maupun magister.

“Di Sultra belum terlalu banyak, karena tidak adanya sertifikasi ini. Biasanya kalau mau dapat sertifikasi harus ujian dulu di luar daerah. Nah sekarang kita coba anggarkan di APBD dan disetujui lalu kita undang ahli dan tim pengujinya ke sini,” ujar Rony Yakob, jumat (17/11).

Mantan Pj Bupati Muna Barat itu menjelaskan sekira 50 peserta ikut dalam pelatihan dan bimtek pengadaan barang dan jasa. Mereka terdiri dari berbagai lembaga seperti Kejaksaan, Polri, TNI, Ombudsman dan lainnya. “Setelah bimtek, kita tutup dengan ujian sertifikasi hari ini, 18 November,” tukas Rony Yakob.

Sejumlah narasumber dihadirkan seperti Ir. Sutan Suangkupon Lubis dan Wisnu Setyo Wijoyo. Keduanya pemateri dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) pusat. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top