Pergantian Bupati Buton, Pemprov Sultra Serahkan Putusan Pengadilan ke Kemendagri – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Pergantian Bupati Buton, Pemprov Sultra Serahkan Putusan Pengadilan ke Kemendagri

Soni Soemarsono

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menyerahkan salinan putusan pengadilan Bupati Buton nonaktif, Samsu Umar Abdul Samiun ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Salinan putusan ini diperlukan kementerian yang dinakhodai Tjahjo Kumolo tersebut untuk memproses pergantian Bupati Buton. Kabag Otonomi Daerah (Otda) Biro Pemerintahan pemprov Sultra, Tomi Indra Sukiadi mengatakan pihaknya sudah menyampaikan hal itu ke Kemendagri.

“Sudah final dan memiliki kekuatan hukun tetap. Makanya, salinan putusan itu kita ambil untuk diteruskan ke Kemendagri,” ungkapnya. Pihaknya telah membawa salinan putusan pengadilan tersebut sejak 15 November lalu. “Salinan putusan tersebut akan menjadi dasar pengangkatan Wakil Bupati La Bakrie menjadi Bupati Buton. Sekaligus menjadi dasar pemberhentian Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun dari jabatannya,” terangnya.

Dirjend Otonomi Daerah Soni Soemarsono mengungkapkan, setelah ada salinan putusan pengadilan, pihaknya akan langsung proses. ” Kalau suda ada salinan putusan pengadilan, secepatnya akan diproses. Bupati Buton nonaktif diberhentikan dan setelah itu mengangkat wakilnya menjadi Bupati Buton definitif,” jelasnya, kamis (16/11). (b/yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top