Pemilih Pemula di Muna Diprediksi Bertambah 6 Ribuan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Pemilih Pemula di Muna Diprediksi Bertambah 6 Ribuan

KENDARIPOS.CO.ID — Daftar Pemilih Tetap (DPT) Muna pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra tahun 2018 mendatang diprediksi bertambah. Sumbangsih peningkatan DPT ini berasal dari pemilih pemula. Berdasarkan estimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna, jumlahnya mencapai 6 ribuan. Komisioner KPU Muna, Suleman Loga mengatakan angka ini diperoleh dari hasil analisa KPU di 52 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di kabupaten Muna. Jumlahnya diperkirakan mencapai 6 ribu pemilih. Hanya saja, ia belum bisa memastikan. Pasalnya, data tersebut masih harus divalidasi.

“Kami masih menunggu Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4). Kalau sudah ada, nanti kita akan coklik dan teliti. Berapa jumlah DPT yang akan bertambah atau berkurang terlebih dahulu harus melalui pemutakhiran data pemilih,” jelas Suleman Loga saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Setelah ditetapkan lanjut Suleman, KPU akan melakukan penyusunan tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 800 orang. Selanjutnya KPU menyampaikan daftar pemilih pada PPDP dalam bentuk hard cofy. File dalam bentuk hard copy itu akan disusun PPK dan PPS dalam bentuk formulir AKWK. “PPDP melakukan coklik. Pastinya itu, DPT potensi bertambah dan berkurang sangat cukup kuat, ” jelas Suleman menegaskan.

Bila merujuk pada Pilkada Muna 2015, jumlah DPT Muna sebanyak 162.607 orang. Angka ini, bakal menambah tambahan dari pemilih pemula, yang mencapai kisaran 6000 an. Namun, untuk memastikan itu, KPU akan melakukan proses pemuktahiran data, sinkronisasi dan analisis daftar pemilih. Penetapan daftar pemilih tetap peserta pemilihan pada Pilgub nanti baru akan ditetapkan 13 sampai 19 April 2018. (b/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top