Kolaka Kekurangan Seribu ASN – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka

Kolaka Kekurangan Seribu ASN

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca mekarnya Kolaka Timur (Koltim) pada tahun 2014 lalu, pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolaka sebagai induk langsung merasakan kekurangan aparatur sipil negara (ASN). Untuk itu, Pemkab Kolaka berharap agar penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di daerah yang diwacanakan pihak Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara pada tahun ini dapat segera terealisasi.

“Waktu Koltim mekar, sekitar 1.800 ASN Kolaka pindah ke Koltim. Jadi kami di Kolaka ini kekurangan lebih seribu PNS. Kami berharap, penerimaan CPNS di daerah tahun 2018 bisa terealisasi agar pelayanan dan pembangunan di Kolaka dapat lebih maksimal,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kolaka, Mujahidin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/11).

Mantan Kabag Hukum Setkab Kolaka tersebut menambahkan, selain mekarnya Koltim, faktor lain penyebab berkurangnya jumlah PNS di Bumi Mekongga yaitu adanya sejumlah kewenangan di daerah dialihkan ke provinsi serta adanya penambahan jumlah instansi yang kini menjadi 34 SKPD.

“Dengan adanya pengalihan kewenangan ke provinsi seperti kehutanan, pertambangan dan sekolah SMA, jumlah PNS Kolaka yang ditarik ke provinsi sekitar 600 orang. Jadi Kolaka ini sangat butuh pegawai baru,” ujarnya. Mujahidin mengatakan, formasi yang paling dibutuhkan saat ini yaitu tenaga pendidik. Pasca dialihkannya kewenangan SMA ke provinsi, jumlah tenaga pengajar di Kolaka menurun drastis. Pihaknya berharap, agar wacana penerimaan CPNS tersebut terwujud. Sebab, saat ini pihaknya kekurangan sekitar 700 guru PNS.

“Itu baru guru, belum tenaga kesehatan dan lain-lain. Jadi di Kolaka ini butuh PNS lebih dari seribu orang. Mudah-mudahan penerimaan untuk Kolaka dibuka dan disetujui. Karena salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh daerah yang menginginkan penerimaan CPNS tahun 2018, anggaran belanja pegawainya harus di bawah 50 persen,” bebernya. (b/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top