Ketua KPUD Kendari : Banyak Berkas Parpol yang Harus Diperbaiki – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Ketua KPUD Kendari : Banyak Berkas Parpol yang Harus Diperbaiki

Ketua KPU Kota Kendari, Ade Suerani (kedua dari kanan) saat menyerahkan berkas Parpol yang telah selesai diverifikasi pada salah satu anggota perwakilan parpol. Ia ditemani Komisioner KPU Kota Kendari, Zainal Abidin (kedua dari kiri). Ketua Panwas Kota Kendari, Sahinuddin (paling kiri) turut menyaksikan penyerahan berkas tersebut. Foto : Marwan Abidin / KENDARI POS

KENDARIOS.CO.ID — Pleno penelitian administrasi dokumen partai politik (Parpol) telah dirampungkan. Hasil verifikasi berkas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendari bahkan telah diserahkan ke Parpol. Berdasarkan penelitian KPU, masih banyak berkas Parpol yang harus diperbaiki. Ketua KPU Kota Kendari, Ade Suerani mengatakan penelitian administrasi berlansung selama 30 hari. Dalam verifikasi tersebut, KPU masih menemukan keanggotaan ganda pada 14 Parpol yang dinyatakan lulus verifikasi tahap sebelumnya. “Keanggotaan ganda itu terdeteksi di KTA, NIK, alamat bahkan nomor KTA. Pasalnya, data yang diserahkan berbeda dengan di Sipol,” jelasnya di hadapan perwakilan Parpol, Kamis (16/11).

Sesuai aturan kata mantan staf ahli DPRD Sultra ini, data ini akan diserah ke parpol untuk dilakukan perbaikan. Terutama data yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) atau ganda. Sesuai jadwalnya, perbaikan berkas ini akan berlangsung selama 14 hari. Setelah itu, datanya akan diserahkan kembali ke KPU. “Kami berharap masa perbaikan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Parpol,” himbaunya.

Sementara itu, Ketua Panwas Kota Kendari, Sahinuddin mengatakan siap melakukan pengawasannya. Melalui perangkat pengawasan, pihaknya akan memantau mulai tahap pendaftaran hingga penerimaan Parpol peserta Pemilu di kantor KPU Kota Kendari. “Kita selalu mengawasi. Bahkan pada penelitian administrasi juga ada Panwas di sana (saat panitia kerja KPU dalam verifikasi berkas adminsitrasi),” ujarnya usai rapat.

Menurut dia, pengawasan itupun akan terus berlanjut. Mengingat, verifikasi tersebut akan berlanjut pada verifikasi faktual dilapangan nantinya. Hal itu untuk memastikan bahwa keanggotaan parpol dan kerja-kerja verifikasi yang dilakukan oleh KPU berjalan sesuai aturan. “Jadi, kita terus mengawasi sampai termasuk verifikasi faktual itu,” tandasnya. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top