Hibah dari Kementerian PUPR, Kebun Raya Resmi Milik Pemkot Kendari – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Hibah dari Kementerian PUPR, Kebun Raya Resmi Milik Pemkot Kendari

Penandatanganan naskah dan berita acara serah terima hibah barang milik negara kepada daerah. Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra meneken berita acara penyerahan aset Kementerian PUPR berupa Kebun Raya Kendari. Foto: Humas Pemkot Kendari For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menyerahkan sejumlah asetnya yang dibangun di daerah kepada pemerintah daerah. Proses penyerahan aset itu ditandai dengan penandatanganan berita acara yang diikuti sejumlah kepala daerah. Termasuk Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra.

Wali Kota Kendari menandatangani berita acara penyerahan hibah barang milik negara dari Kementerian PUPR di Jakarta. Aset yang diserahkan pemerintah pusat kepada Kota Kendari adalah pembangunan Kebun Raya Kendari (KRK) tahap pertama dengan anggaran sekira Rp 13 miliar. “Aset yang diserahkan itu meliputi dua item kegiatan yakni bangunan pendukung dan penataan ruang pendukung kebun raya,” ujar Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra dari Jakarta melalui telepon selulernya saat dihubungi Kendari Pos, Kamis (16/11).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebun Raya Kendari, Laode Yama mengatakan aset yang diserahkan tersebut merupakan pekerjaan tahap pertama yang sudah rampung tahun 2016. Aset itu adalah gedung visitor centre, gedung pengelola, gerbang utama, campign ground, toilet, musala, jalan pematang dan turap. “Bangunan pendukung itu nilainya Rp 7,6 miliar dan penataan ruang itu Rp 6,3 miliar. Sudah tuntas tahun lalu. Saat ini pembangunan tahap dua sedang berjalan,” ujar Laode Yama. Laode Yama menambahkan tahun 2017 ini, Kebun Raya Kendari mendapat alokasi anggaran sekira Rp 11 miliar untuk membangun sembilan item pekerjaan.”Rencananya pembangunan Kebun Raya Kendari akan tuntas dan dilaunching tahun 2019,” ungkap Laode Yama.

Dia menjelaskan pembangunan Kebun Raya Kendari dirintis sejak tahun 2008. Berlokasi di kawasan hutan lindung dan hutan produksi Nanga-nanga Papalia Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia. Luasnya sekira 96 hektare terdiri dari 78 hektar hutan produksi dan sekira 18 hektare hutan lindung. “Berdasarkan master plan Kebun Raya Kendari, kawasan ini memiliki sejumlah habitat. Diantaranya 38 jenis flora tingkat pohon, 15 jenis tumbuhan bawah (efipit), 4 jenis rotan dan beberapa jenis fauna endemik. Selain itu, Kebun Raya juga sudah memiliki tanaman koleksi, tanaman hias dan tanaman obat-obatan sekira 5000 spesimen dari sekira 100 species, yang diperoleh dari kerja sama antara Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Kendari,” tukasnya. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top