Dua Bupati Bahas Aset di Buton – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Dua Bupati Bahas Aset di Buton

LAODE ALFIN/KENDARI POS
Bupati Buteng, H. Samahuddin dan Plt Bupati Buton, La Bakry berbincang santai terkait aset daerah.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemekaran Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dari wilayah induknya, Buton sudah berlangsung tiga tahun. Hanya saja antara dua wilayah eks Kesultanan Buton itu masih memiliki hubungan kepemilikkan aset yang belum tuntas. Untuk kepentingan tersebut, Bupati Buteng, H. Samahuddin berkunjung langsung ke Buton, menemui Plt. Bupati, La Bakry.

Pertemuan keduanya berlangsung penuh keakraban. La Bakry manyambut Bupati Buteng pertama tersebut dengan jamuan makan siang bersama. Keduanya lalu membahas pelimpahan aset disebuah meja pertemuan yang berlangsung singkat. “Sebagai anak yang harus mandiri, kami berharap induk segera melimpahkan beberapa aset yang saat berada di wilayah administrasi Buteng,” ujar Samahudin, kamis(16/11).

Aset yang dimaksud Samahudin adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang beroperasi di wilayah Buton Tengah. Selain itu, aset berupa infrastruktur jalan diharap segera dilimpahkan kepemilikannya. “Kami minta ini segera, karena akan dimasukkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk biaya perawatannya,” kata Samahuddin.

Ia menambahkan, masalah aset memang diharapkan segera dapat terselesaikan. Buton sebagai wilayah induk harus melimpahkan kekayaan daerah milik bersama ketika kedua wilayah masih tergabung dalam satu kabupaten. “Kalau itu sudah diserahkan, kami akan belajar mengelola secara mandiri,” sambungnya.

La Bakry sendiri mengaku, terlebih dahulu akan membahas hal tersebut bersama anggota DPRD. Sebab sesuai ketentuan, pelimpahan aset harus melalui persetujuan dewan dan diketahui pemerintah provinsi. “Kami akan bahas secepatnya,” janjinya. Ada tiga ketentuan dalam pelimpahan aset daerah. Pertama, secara cuma-cuma, dengan ketentuan kompensasi dan ketiga pelimpahan dengan tukar guling (bertukar aset). “Itu yang perlu dikaji lebih jauh,” paparnya.

Terlepas dari masalah aset, La Bakry mengaku senang silaturahmi dua kepala wilayah serumpun ini bisa terjalin. Sebab, hal itu akan meningkatkan sinergi dalam pembangunan daerah. “Kami juga sebenarnya rindu dengan anak kami,” kelakar La Bakry yang disambut gelak tawa seisi ruangan. (b/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top