Ratusan Produk Kedaluwarsa di Butur Dimusnahkan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

Ratusan Produk Kedaluwarsa di Butur Dimusnahkan

Proses pemusnahan sejumlah produk kedaluwarsa yang dilakukan Bupati Butur, Abu Hasan, rabu (15/11). Foto: Hadrian Indra Mapa

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan produk kedaluwarsa yang berhasil disita Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Buton Utara (Butur) dimusnahkan, Rabu (15/11). Pemusnahan produk yang masa konsumsinya tak layak lagi itu dipimpin langsung Bupati Butur, Abu Hasan didampingi Asisten I, Muliana dan Kepala Disperindag, As Sabran.

“Barang yang dimusnahkan berupa makanan ringan dan minuman yang biasa diperjualbelikan di warung tradisional. Selain itu, ada alat kecantikan kosmetik yang jika digunakan berbahaya terhadap kulit wajah turut dimusnahkan. Ada 263 jenis barang kedaluwarsa. Produk ini merupakan hasil sitaan operasi makanan beberapa waktu lalu bekerjasama dengan Kepolisian, Dinas Kesehatan dan Polisi Pamong Praja,” ujar As Sabran saat ditemui usai pemusnahan produk kedaluwarsa, Rabu (15/11).

Mantan Sekretaris Dinas Perhubungan Butur itu mengungkapkan, pengawasan dan pemusnahan merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan pada konsumen, sehingga kesehatannya tetap terjaga. Dia mengimbau para pedagang dan distributor untuk bisa bekerja sama sehingga barang yang tidak layak edar tidak dijual di pasaran.

Sementara itu, Bupati Buton Utara, Abu Hasan mengapresiasi kinerja Disperindag dalam melakukan perlindungan konsumen. Terutama, makanan ringan dan minuman sangat mudah didapatkan anak-anak. “Semestinya barang kedaluwarsa ini tidak diperdagangkan oleh para pedagang baik itu di kios maupun di pasar,” ujar Abu Hasan.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu mengimbau, Disperindag menyiapkan langkah strategi lainnya bukan hanya barang kedaluwarsa yang dirazia. Tetapi, masuknya bahan makanan dan minuman mengandung Narkoba juga perlu diantisipasi. “Saya minta sinergi semua pihak tim gabungan. Tidak boleh berhenti bekerja dan perlu membuat jadwal bersama tim,” tandasnya. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top