Pilkada Tiga Daerah di Sultra, Penantang Incumbent Penuhi Syarat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Pilkada Tiga Daerah di Sultra, Penantang Incumbent Penuhi Syarat

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tiga daerah di Sultra makin menarik. Para incumbent (kepala daerah yang maju kembali,red) di Pilwali Baubau, Pilbup Konawe dan Pilbub Kolaka mulai mendapat penantang serius. Hal itu ditunjukkan dengan dukungan partai politik (parpol) yang mereka dapatkan.

Di pemilihan bupati (Pilbup) Kolaka misalnya, pasangan Ahmad Safei-Jayadin yang sudah mengumpulkan 19 kursi dari dukungan enam parpol. Rivalnya, Hj Asmani Arif-Syahrul Beddu juga sudah mengantongi dukungan Partai Golkar dan PKS. Meski hanya dua parpol, namun gabungan keduanya sudah memenuhi syarat pencalonan, yakni 6 kursi.

Kendati masih ada beberapa parpol belum keluarkan dukungan, namun peluang muncul poros baru sangat kecil. Sebab, jumlah kursi tersisa hanya lima, yang berarti tidak bisa mengusung satu paslon lagi. Bisa saja ada, kecuali dari jalur perseorangan, yakni Hasmito Dachlan-Rustam Petanyalla.

Bakal calon bupati Kolaka, Ahmad Safei mengaku tak mempersoalkan berapa kandidat yang akan jadi penantangnya di pilkada. Saat ini, dirinya bersama pasangannya Muhammad Jayadin telah mendapat dukungan dari enam parpol yang memiliki kursi di DPRD Kolaka. Dukungan tersebut ditandai dengan SK yang diperolehnya dari enam parpol itu. “Saat ini kami telah mendapat SK dukungan dari Nasdem, Gerindra, PAN, PPP, PDIP serta Hanura,” ungkapnya, kemarin.

Mantan Sekda Kolaka tersebut menambahkan, meskipun telah mendapatkan SK dari enam partai tersebut, pihaknya saat ini masih melakukan komunikasi dengan parpol lain guna memaksimalkan perolehan suara pada Pilbup Kolaka 2018 mendatang. “Kami juga masih melakukan komunikasi dengan parpol lain dan saat ini kami telah mengantongi surat rekomendasi dari tiga parpol lain yaitu PKB, PBB dan Demokrat,” klaimnya.

Sementara itu, calon kuat pesaing petahana, Hj Asmani Arif juga telah memenuhi syarat untuk maju melalui jalur parpol. Mantan Kadis Perindag Kolaka tersebut telah mengantongi dukungan dari dua parpol yaitu Golkar dan PKS. Dengan melihat perolehan kursi kedua parpol di parlemen, maka Asmani sudah memenuhi syarat untuk maju melalui jalur parpol. Dimana Golkar dan PKS masing-masing memiliki tiga kursi di DPRD Kolaka. “Pastinya, kami optimis bisa memenangkan pilkada Kolaka. Dukungan Golkar dan PKS sudah lebih dari cukup untuk memenangkan pilkada. Tapi kalau ada parpol lain bergabung, kami tetap terbuka,” kata Hj Asmani Arif.

Ketua DPD PKS Kolaka, Chardi juga menyampaikan optimisme serupa. Menurutnya, elektabilitas “jagoannya” cukup tinggi sehingga peluang untuk memenangkan pilkada sangat terbuka. Sementara di pilkada Konawe, Kery Saiful Kongggoasa yang mendapat dukungan PAN dan Nasdem juga sudah mendapatkan penantangnya. Dia adalah mantan rivalnya saat pilkada Konawe 2012 lalu, yakni Irawan Laliasa yang kini berpasangan dengan Adi Jaya Putra (AJP).

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top