Pemkab Konsel Canangkan Penanaman Sagu di Rawa Aopa – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Canangkan Penanaman Sagu di Rawa Aopa

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat mencanangkan penanaman pohon sagu dan pengembangan destinasi wisata di kawasan TNRAW, rabu (15/11). Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam di otorita itu terus dimalsimalkan. Rabu (15/11), Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga bersama sejumlah pejabat melakukan pencanangan penanaman bibit sagu dan pengembangan destinasi wisata di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) di Desa Pewutaa, Kecamatan Angata.

Surunuddin Dangga mengungkapkan, penanaman bibit sagu di sepanjang tepi taman Rawa Aopa sangat tepat. Di samping menjaga dan melestarikan hutan, juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga di desa tersebut. “Saya lihat ada pendangkalan di Rawa Aopa, makanya kita coba tanam sagu. Saya minta semua kepala desa yang bermukim di seputar kawasan ini agar dapat melanjutkan,” pintanya usai penanaman bibit sagu secara simbolik, rabu (15/11).

Menurut dia, tanaman sagu tersebut akan berguna bagi masyarakat pada lima tahun mendatang. Program tersebut merupakan langkah strategis yang dilakukan Pemkab dalam menjaga ketahanan pangan lokal. “Sagu ini merupakan komoditas yang mahal. Karena saat ini satu-satunya makanan yang ditanam tanpa pestisida adalah sagu. Jadi sekarang manusia kembali ke alam. Apalagi ini menjadi makanan khas daerah kita,” ungkapnya.

Usai penanaman sagu, bupati bersama rombongan langsung meninjau sepanjang wilayah TNRAW. Pantauannya, kawasan itu memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Mulai dari panorama alam hingga perairan sepanjang rawa tersebut dapat dijadikan sebagai kawasan budi daya ikan tawar. Iapun menyebut, dari kunjungannya itu, terdapat empat program sekaligus yang dapat dicanangkan.

“Pertama, destinasi wisata, budi daya ikan tawar, penanaman bibit sagu dan pemeliharan lingkungan karena terus terjadi pendangkalan,” sebut Surunuddin. Sebagai tindaklanjut dari pengembangan itu, ke depan pihaknya akan menjadikan sebagai program prioritas. Bahkan pengembangan kawasan Rawa Aopa ini sudah masuk dalam pembahasan APBD 2018.

Wakil Bupati Konsel, H. Arsalim Arifin menambahkan, potensi alam Rawa Aopa memang sangat bagus untuk dikembangkan. Ia bersama bupati langsung memerintahkan Dinas Pariwisata agar potensi alam yang tersimpan di balik eksotisme kawasan itu dapat dikembangkan. “Kita akan sentuh pelan-pelan dengan membenahi infrastrukturnya. Kita akan bekerja sama dengan pihak Balai TNRAW. Mulai sekarang kita sudah harus rumuskan apa-apa yang perlu dibenahi,” ungkapnya.

Pihaknya berharap kawasan Rawa Aopa dapat dimanfatkan sebagai salah satu ikon bagi Kabupaten Konsel. “Kita coba sadarkan masyarakat supaya ini bisa dijadikan sebagai tujuan para wisatawan. Semoga Juni 2018 mendatang sudah mulai kelihatan,” tandasnya dalam kegiatan yang turut dihadiri Sekab Konsel, H. Sjarif Sajang, Kajari, Agus Suroto, SH, Kapolres, AKBP Hamka Mappaita serta Dandim 1417 Kendari, Eko Hermawan. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top