Parpol di Muna Belum Penuhi Syarat Keanggotaan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Parpol di Muna Belum Penuhi Syarat Keanggotaan

Suleman Loga

KENDARIPOS.CO.ID — Partai politik (Parpol) di Muna terkesan belum siap menyusun dokumen kepengurusan. Tak heran, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna menemukan banyak kekurangan. Mulai dari dugaan keanggotaan ganda hingga dokumen yang tidak memenuhi syarat (TMS). Ironisnya, dari 17 Parpol yang lolos verifikasi belum ada satu pun Parpol yang memenuhi syarat keanggotaan minimal 227 orang. Namun demikian, Parpol masih diberikan kesempatan melakukan perbaikan dokumen. Seperti Kartu Tanda Anggota (KTA) yang harus merujuk pada KTP elektronik. Meski secara nominal data yang diserahkan lebih dari batas minimal, namun banyak keanggotaan yang TMS. Begitupun dengan keanggotaan ganda. Parpol masih bisa melakukan klarifikasi atas temuan tersebut dan memperbaiki dokumen kepengurusannya.

“Masih banyak kekurangan di sana-sini. Makanya, hasil penelitian ini akan kita sampaikan ke petinggi parpol melalui LO, untuk diperbaiki. Syarat minimal dukungan dipenuhi. Tertuama keanggotaan yang TMS. Masa perbaikan dimulai tanggal 18 November sampai 1 Desember. Artinya, perbaikan administrasi parpol terhadap syarat keanggotaan mereka, ” kata Suleman Loga, komisioner KPU Muna saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (15/11).

Dari hasil penelitian data di Sipol lanjut Suleman, rata-rata Parpol bermasalah di KTA dan KTP. Meskipun banyak yang diserahkan, namun sebagaian besar dianggap TMS. Yang paling parah, Partai Amanat Nasional (PAN). Dari jumlah keanggotaan 2.376 orang yang terdaftar, jumlah KTP dan KTA yang disetorkan hanya 248 orang. Suleman mengaku, PAN tak mampu membuktikan antara jumlah dan syarat keanggotaan. “Memang banyak yang dimasukkan, tapi syarat keanggotaan tidak terpenuhi. Meski, melebihi angka 227 orang sesuai syarat, namun yang dimasukkan 2.376 orang. Sementara yang memenuhi syarat 248 orang saja. Kalau partai lain, kurang lebih 10 sampai 20 orang, ” jelasnya.

Dijelaskan, ada beberapa kategori sehingga keanggotaan Parpol yang tidak memenuhi TMS. Pertama,  ganda internal yakni dalam satu kepengurusan partai ada dua nama yang sama tercatat. Kedua, ganda lintas partai. Yang mana, nama yang bersangkutan tercatat dalam dua Parpol. Misalnya, nama seseorang tercatat di Parpol A namun juga terdapat di Parpol B.

Selanjutnya, KTP dan KTA tak sesuai. Hal ini disebabkan KTP yang diserahkan non elektronik. Keempat, ada beberapa nama di Parpol mengundurkan diri. Pengunduran diri ini disebabkan keberatan warga karena namanya dicatut dalam pengurusan Parpol tertentu. Makanya, mereka meminta pada pimpinan Parpol untuk merekomendasikan pengunduran diri.  “Dengan begitu,  kami menyampaikan pada pimpinan Parpol bahwa itu tidak memenuhi syarat lagi,” pungkasnya. (b/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top