Operasi Zebra Tuntas, Pelanggaran Meningkat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Operasi Zebra Tuntas, Pelanggaran Meningkat

Kendaraan yang ditilang selama operasi zebra oleh Satlantas Polres Buton dan proses penindakan yang dilakukan aparat Kepolisian di Resort Kolaka Utara. Foto: Muhammad Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Gelaran Operasi Zebra yang dilakukan jajaran kepolisian dari fungsi Lalu Lintas (Lantas), resmi berkahir sejak 14 November lalu. Di Polres Konsel, tercatat ada 501 pelanggaran yang ditemukan sejak operasi pada 1 November tersebut. Kapolres Konsel, AKBP Hamka Mappaita mengungkapkan, dari pelaksanaan operasi, tingkat kecelakaan menurun signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. “Sedangkan untuk pelanggar terjadi peningkatan. Untuk tahun 2016 angka kecelakaan mencapai empat kasus. Sementara jumlah tilang berjumlah 145,” rincinya, Rabu (15/11). Sedangkan pada tahun 2017, angka pelanggaran justru meningkat sekitar 501 pengendara. Sementara untuk kecelakaan hanya satu kejadian.

“Jadi memang kesadaran masyarakat yang perlu ditingkatkan dalam berkendara. Baik itu roda dua maupun roda empat. Rata-rata pelanggar dalam sehari selama operasi ini mencapai 40-an. Jenis pelanggarannya seperti atribut tak lengkap. Misalnya spion, kemudian tidak menggunakan helm dan lain-lain. Jadi perlu ada pembinaan,” ungkapnya didampingi Kasatlantas, Iptu Iszak. Pihaknya berharap kedepan jumlah angka tilang bisa ditekan. Hal itu dapat terwujud jika kesadaran masyarakat mematuhi aturan berkendara bisa ditingkatkan.

Sementara itu jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kolut juga tercatat telah melayangkan 406 surat tilang sepanjang operasi. Kasat Lantas Polres Kolut, AKP Gunanto merinci, dari 406 yang ditilang pihak lantas menyita 143 surat izin mengemudi (SIM) dan 174 surat tanda nomor kendaraan (STNK). “Ada tiga kasus Lakalantas yang satu orang diantaranya meninggal dunia dan tiga kendaraannya disita,” ungkap Gunanto, rabu (15/11).

Dari berbagai pelanggaran yang terjaring di jalan raya saat operasi, pihaknya juga menyita 76 unit motor dan 13 unit mobil. Dalam penindakan tersebut yang tidak ada upaya toleransi mengingat sebelumnya polisi telah melakukan penyuluhan pada 30 titik dan 57 lokasi rawan pelanggaran serta Lakalantas.

Untuk di wilayah hukum Polres Buton, hasil rekap operasi selama dua pekan tersebut mencatat ada 284 kendaraan ditilang. Jumlah itu terbilang meningkat drastis dibandingkan jumlah tilang pada operasi serupa tahun sebelumnya, yakni hanya 84 kendaraan. “Kenaikannya mencapai 203 persen,” kata Kasatlantas, Iptu Syahrul, Rabu (15/11). Ia menguraikan pelanggaran didominasi kendaraan roda dua yakni mencapai 213 kasus, disusul roda empat 55 kasus dan roda enam 16 temuan. Bentuk pelanggarannya, kata dia, kebanyakan akibat pengendara tak bisa memperlihatkan surat-surat kelengkapan saat berkendara. “Kebanyakan tidak ada SIM dan STNK. Kalau pelanggaran motor kebanyakan tak memakai helm standar dan spion,” ungkapnya.

Menurunya, Operasi Zebra 2017 kali ini, Satlantas Polres Buton melaksanakan operasi pada 10 titik, yakni tujuh kecamatan di Buton dan tiga kecamatan di Buton Selatan. Selain penindakkan terhadap pelanggar, selama razia juga terjadi satu kejadian kecelakaan lalu lintas. Ia menjelaskan kecelakaan terjadi saat iring-iringan kendaraan roda empat dari Kendari ke Kota Baubau beberapa hari lalu. Akibat tidak menguasai medan, di jalan berkelok wilayah Kapuntori, kendaran terperosok di bawah jembatan dengan kedalaman 20 Meter. “Dari empat orang penumpang, satu orang meninggal,” jelasnya.

Untuk tingginya angka pelanggaran tersebut, Kasatlantas mengaku berdampak pada pelayanan kepengurusan surat-surat berkendara di Kantor Samsat Buton. “Masyarakat yang mengurus surat-surat berkendara mengalami peningkatan, sekitar 200 persen,” tandasnya. (b/kam/rus/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top