KPU Kendari Temukan Keanggotaan Ganda – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

KPU Kendari Temukan Keanggotaan Ganda

Ilustrasi KPU

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari telah menuntaskan verifikasi adminstrasi partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019. Dari hasil penelitian dokumen yang dilakukan sejak 17 Oktober 2017 hingga 15 November 2017, KPU menemukan adanya dugaan keanggotaan ganda. Ketua KPU Kota Kendari, Ade Suerani mengatakan keanggotaan ganda ditemukan di semua dokumen Parpol yang lolos administrasi sebelumnya.

Verifikasi yang dilakukan melalui berkas setiap parpol berupa Kartu Tanda Anggota (KTA) dan e-KTP yang disetor. “Semua Parpol ada ditemukan. Misalnya, ada si A terdaftar di Parpol A dan dia juga ternyata terdaftar di parpol B. Dan ini di semua Parpol ada,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (15/11).

Penelitian administrasi Parpol yang dilakukan kata mantan staf ahli DPRD Sultra ini, merujukan pada data KPU RI. Mengingat Mengingat KPU Kota Kendari hanya menyinkronkan data dari KPU RI. Kata dia, sebanyak 14 parpol yang telah diverifikasi administrasi berdasarkan memenuhi syarat 334 KTA, sebagai syarat minimum.

Adapun ke-14 tersebut yakni, Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PDIP, PKS, NasDem, Hanura, PPP, Perindo, PKB, PBB, Garuda, dan Berkarya. Sedangkan yang tidak lolos verifikasi lalu adalah Partai Idaman, PIKA dan partai Rakyat. Selain itu, ada juga parpol yang tidak dapat ditindaklanjuti KPU karena di tingkat pusat pendaftarannya tidak lengkap, seperti PBB, Republika dan PKPI.

Menurut dia, pihaknya telah memilah jumlah tersebut dengan keterangan MS (memenuhi syarat) dan TMS (tidak memenuhi syarat). Dengan begitu, setiap Parpol itu kembali akan dimintai keterangan terkait data yang diduga ganda tersebut. “Jadi, hasil itu kita serahkan ke Parpol kembali untuk dilakukan perbaikan selama 14 hari. Kemudian, kita verifikasi kembali selam 10 hari nantinya,” tambahnya.

Setelah tahapan ini selesai, KPU akan melakukan verivikasi faktual atau lapangan daftar anggota setiap Parpol tersebut. Pelaksanaannya akan dilakukan serentak yakni mulai pada 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018 mendatang. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top