Tuntut Pengaspalan, Warga Butur Ancam Tutup Ruas Provinsi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

Tuntut Pengaspalan, Warga Butur Ancam Tutup Ruas Provinsi

Warga bersama mahasiswa saat berunjukrasa menuntut pengaspalan jalan.

KENDARIPOS.CO.ID — Kesabaran masyarakat di Kabupaten Buton Utara (Butur) mulai habis. Mereka kecewa dengan kondisi ruas jalan sepanjang 103 kilometer yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra karena tak kunjung dibenahi 10 tahun terakhir. Padahal, kondisinya sangat memprihatinkan dan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Warga setempat mengancam akan kembali menggelar unjuk rasa besar-besaran dan memblokir ruas jalan provinsi yang menghubungkan Ereke-Baubau itu jika tuntutan mereka tak direspon secepatnya oleh Pemprov Sultra.

Ketua Himpunan Mahasiswa Kecamatan Kambowa Butur, Endi Pamaran menuturkan, mayoritas masyarakat menginginkan ruas jalan provinsi segera diaspal. Pemprov Sultra diharapkan segera menunaikan tanggung jawabnya. Kondisi akses tranportasi darat di Butur memang sangat memprihatinkan. Sejak mekar menjadi otonomi daerah baru 10 tahun lalu, tak pernah disentuh aspal. Hanya sebatas, pengerasan dan itu tak bertahan lama kemudian rusak lagi. “Pemkab Butur juga harus proaktif memperjuangkan pengaspalan jalan provinsi ini. Jangan salahkan jika kesabaran warga telah habis. Ruas jalan provinsi kami akan blokir. Pemerintah tidak peka dengan jeritan hati warga,” teriak Endi Pamaran, Selasa (14/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Wawan Wardaya mengimbau agar masyarakat bersabar. Sebab Pemprov Sultra telah berjanji akan melakukan pengaspalan tahun 2018 mendatang. Untuk membenahi titik ruas jalan yang rusak parah, pihaknya telah mengerahkan alat berat untuk menimbun ruas jalan menggunakan anggaran perawatan rutin.

“Desakan agar jalan provinsi diaspal terus disuarakan warga Butur. Sebagai instansi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menjadi sasaran. Olehnya itu, kami berinisiatif melakukan perawatan jalan provinsi menggunakan anggaran rutin tanpa dipihakketigakan,” ujar Wawan Wardaya. Mantan Kepala Bidang Bina Marga Pu Butur itu menambahkan, jalan yang menjadi tanggung jawab Pemprov Sultra tersebut melintasi Desa Mata-Bubu, Bubu-Ronta, Ronta-Lambale dan Lambale- Ereke. “Panjang ruas jalan provinsin itu mencapai 103 kilometer,” tandasnya. (b/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top