Pengangguran di Sultra Naik 3,30 Persen – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Pengangguran di Sultra Naik 3,30 Persen

Ilustrasi Pengangguran

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah pengangguran di Sultra mengalami kenaikan periode ini. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra menyebutkan, jumlah pengangguran sebanyak 40 ribu orang, mengalami kenaikan sekitar 67 ribu dibanding semester lalu dan bertambah 5 ribu orang dibanding tahun lalu. Sementara jumlah angkatan kerja pada Agustus tahun ini berkurang 53 ribu orang dibanding Agustus tahun lalu.

Kepala BPS Sultra, Atqo Mardiyanto menjelaskan, tingkat pengangguran terbuka (TPT) Agustus ini yang sebesar 3,30 persen, naik 0,58 poin dibanding Agustus tahun lalu. Nah, di periode yang sama, sebesar 63,71 persen penduduk bekerja di sektor informal dan persentase pekerja informal turun 4,82 persen dibanding Agustus 2016.

Seiring dengan turunnya jumlah angkatan kerja, tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) juga mengalami penurunan. Tercatat, TPAK bulan Agustus sebesar 68,70 persen atau turun 4,35 persen dibanding semester lalu dan turun 4,77 persen dibanding setahun yang lalu. “Penurunan TPAK jadi indikasi penurunan potensi ekonomi dari sisi pasokan tenaga kerja,” tegasnya.

Sementara jumlah penduduk yang bekerja pada bulan Agustus sebanyak 1,1 juta jiwa, juga berkurang 61 ribu dibanding semester lalu dan berkurang 58 ribu orang dibanding tahun lalu. Lanjut Atqo, dalam setahun terakhir, sektor-sektor yang mengalami kenaikan jumlah adalah jasa kemasyarakatan, industri, lembaga keuangan dan sektor listrik, gas serta air minum. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top