Pemprov Sultra Alokasikan Rp 12 Miliar untuk Porprov – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Pemprov Sultra Alokasikan Rp 12 Miliar untuk Porprov

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara kini bisa bernafas lega. Kesulitan anggaran untuk mempersiapkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun depan sudah ada titik terang. Pemprov Sultra akan menggelontorkan bantuan anggaran sekira Rp 12 miliar kepada tuan rumah Porprov untuk mendukung pengadaan sarana dan prasarana olahraga.

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra Lukman Abunawas memastikan Pemprov akan membantu tuan rumah Porprov, Kolut. Pejabat yang juga ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra itu mengatakan Rp 2 miliar dananya sudah masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan 2017 yang ditetapkan Oktober lalu. “Rp 2 miliar itu untuk peralatan olahraga yang akan dipakai saat Porprov tahun depan,” ujar Lukman Abunawas di ruang kerjanya, Selasa (14/11).

Mantan Bupati Konawe dua periode itu melanjutkan untuk dana tambahan sebesar Rp 10 miliar belum final. Namun dia memastikan akan memperjuangkan nominal itu agar tetap mendapat restu DPRD dalam pembahasannya nanti. Sebab dana itu baru dimasukan dalam draf APBD 2018. “Rp 10 miliar kita siapkan lagi, saya akan usahakan itu supaya disetujui di APBD 2018,” janji Lukman Anunawas Besaran dana itu dinilai Lukman sudah cukup untuk mendukung kelancaran agenda empat tahunan itu. Sebab, Pemda juga tetap memodali sendiri sejumlah fasilitas lainnya. “Kan ada juga anggaran dari mereka (pemkab), kita bantu semampunya,” beber Lukman Abunawas.

Lukman mengapresiasi semangat Pemkab Kolut untuk menyelenggarakan pesta olahraga terbesar di bumi anoa ini. Itu terungkap dalam beberapa kali rapat bersama KONI Sultra dan KONI Kolut. “Saya tahu mereka siap. Saya kan ketua KONI Sultra,” imbuh Lukman Abunawas. Sementara itu, Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar mengaku tinggal menunggu kucuran dana dimaksud Ketua KONI Provinsi Sultra untuk menuntaskan beberapa venue olahraga yang sudah dibangun. “Sampai hari ini belum ada dana masuk dari provinsi. Kita masih mengandalkan dana kita sendiri. Kalau diinformasikan akan turun Rp 10 miliar lebih itu, kita tunggu saja,” ujar Nur Rahman Umar rapat koordinasi dan evaluasi pembangunan triwulan III se-Sultra di Zahra Hotel.

Pemkab Kolut sudah memantapkan kesiapan untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi tamunya.Beberapa lapangan dan gedung olahraga secara fisik sudah siap. Tinggal menunggu peralatan saja. “Tahun 2018 ini kita perkirakan bisa ada alokasi sekira Rp 7 miliar,” tambah Nur Rahman Umar. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top