Pasukan Elit Polri Makin Tangguh – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Pasukan Elit Polri Makin Tangguh

Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto (atas) bersama pasukan Brimob Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Luar biasa. Aksi pasukan Brigade Mobil (Brimob) Polda Sultra dalam menangani aksi kejahatan sungguh hebat, nyaris tanpa cela, Selasa (14/11). Meski hanya sekadar simulasi, namun hampir tak ada beda dengan situasi sesungguhnya. Hal ini menggambarkan, betapa pasukan elit Polri ini begitu tangguh dan profesional. Kemampuan mereka dalam menangani aksi teror, bisa menjadi garansi bagi masyarakat, kalau pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun depan bisa berlangsung aman dan damai.

Pertunjukkan sistem pengamanan kota saat pilkada, merupakan salah satu aksi pasukan elit ini dalam perayaan puncak hari ulang tahun (HUT) ke-72 Brimob di Mako Brimob, kemarin (14/11). Simulasi yang mereka tunjukkan menuai decak kagum dari para pejabat dan tamu undangan yang hadir. Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto dan Komandan Satuan (Dansat) Brimob Kombes Pol Kasero Manggolo ikut senang melihat kemampuan anggotanya yang terus berkembang.

Menurut Andap, kemampuan pasukan Brimob harus terus diasah. Sebab, seiring perkembangan zaman tantangan munculnya berbagai aksi teror juga makin besar. Makanya, memang dibutuhkan pasukan elit yang tangguh dan profesional. “Kita harapkan, citra Polri semakin baik di masyarakat. Tentu ini harus didukung dengan peran-peran kepolisian dalam menjalankan tugas. Terutama personil Brimob, agar dalam mengatasi kejahatan terus bersinergi dengan pihak lain, khususnya TNI dan masyarakat,” ungkap Brigjen Pol Andap dalam amanatnya saat membacakan sambutan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian.

Perbaikan citra Polri, lanjut dia harus terus ditingkatkan oleh seluruh personel kepolisian. Khusus Brimob Polri, melalui berbagai perannya dalam mengatasi kejahatan mesti selalu bersinergi dengan pihak lain. Termasuk dalam berbagai pelayananan kepolisian di banyak medan penugasan. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat dalam HUT Brimob kali ini, yakni “Semangat sinergi Korps Brimob Mewujudkan Promoter untuk meraih kepercayaan masyarakat. “Tema ini mengindikasikan peran penting Brimob melalui berbagai kegiatan,” ujarnya.

Simulasi pengamanan pilkada yang dilakukan pasukan Brimob beserta personel Polda Sultra.

Lebih jauh dia menjelaskan, dalam era demokrasi ini, penting bagi Polri untuk meraih kepercayaan masyarakat. Terlebih lagi di tengah dinamika tantangan tugas yang semakin berat dalam menangani kejahatan. Tak kalah penting, dalam waktu dekat ada beberapa agenda nasional yang butuh perhatian serius. Seperti pilkada serentak di tiga daerah di Sultra, termasuk Pilgub Sultra. Serta agenda internasional seperti ASIAN Games 2018.

“Dalam dua agenda besar ini, pasukan Brimob sangat berperan. Khususnya dalam menanggulangi ancaman kelompok terorisme. Makanya, saya minta kompak dan sinergi satu sama lain,” pesannya. Melalui perayaan HUT ke- 72 Brimob, dia berharap personil Polri semakin bersinergi. Melaksanakan tugas dengan baik dan profesional. Serta melengkapi sara dan prasarana pendukung. “Aksi kejahatan semakain canggih. Makanya dibutuhkan pasukan elit yang tangguh. Dukungan semua pihak juga sangat dibutuhkan, termasuk media,” katanya. Lebih jauh Andap berpesan, agar masyarakat juga bahu membahu dan bersinergi dengan Polri dalam menangkal berbagai aksi teror.

Andap juga menegaskan, hubungan TNI-Polri semakin kuat. Hal ini menjadi modal penting dalam proses pengamanan pilkada serentak 2018 nanti. “Pada intinya seperti itu. Polri dan juga TNI selalu siaga dan bersatu dalam menghadapi kejahatan negara,” katanya. Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sultra, Kombes Pol Kasero Manggolo menuturkan, di usia yang ke- 72 tahun, Brimob harus terus meningkatkan kemampuannya. Tujuannya tentu untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan negara. “Prinsipnya, Brimob harus tangguh dan menjaga sikap profesional. Termasuk meningkatkan sinergi dengan TNI dan masyarakat,” pesannya.

Simulasi sistem pengamanan kota yang diperagakan pasukan Brimob sekitar 6 jam. Banyak adegan yang ditunjukkan. Mulai proses penjinakkan bom, pengamanan ketika terjadi chaos dan sebagainya. Sejumlah pasukan elit juga ada yang memantau dari atas helikopter. Pada acara itu, hadir sejumlah pejabat. Seperti Asisten 1 Pemprov Sultra Syarifuddin Safaa, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Danrem 143/Ho
Kolonel Inf Andi Perdana Kahar beserta jajaran, Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra, Bupati Buton Tengah (Buteng), Bupati Kolaka, pimpinan perguruan tinggi dan lainnya. Para bakal calon gubernur juga hadir, seperti Ir Asrun, Ali Mazi, Hugua dan juga Waode Nurhayati. (b/ade)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top