Mendagri Warning Kepala Daerah, Tjahjo : Jangan Ganti Kadisdukcapil Jelang Pilkada – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Mendagri Warning Kepala Daerah, Tjahjo : Jangan Ganti Kadisdukcapil Jelang Pilkada

Tjahjo Kumolo

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengingatkan kepala daerah (kada) agar tidak mengganti kepala dinas kependudukan dan catatan sipil (Kadisdukcapil) jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak. Larangan ini berkaitan dengan upaya pemerintah untuk menuntaskan proses perekaman e-KTP. Khawatirnya, kalau diganti bisa mengganggu target penyelesaiannya, sehingga berdampak pula pada pilkada.

Pergantian Kadisdukcapil jelang pilkada juga dinilai rawan dipolitisasi, sehingga tidak boleh terjadi. “Satu-satunya posisi pemerintahan di daerah yang bisa dilindungi (tidak diizinkan diganti,red) adalah Kadisdukcapil. Jika ada kepala daerah berani ganti, maka kami akan siapkan sanksi,” tegas Tjahjo sebagaimana disampaikan Ditjend Dukcapil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh saat berdiskusi dengan wartawan, di Jakarta.

Prof Zudan menegaskan, sanksi yang diberikan berupa pemutusan langsung jaringan pelayanan data kependudukannya. “Kita akan langsung putus dari server. Dan semua keputusan yang dikeluarkan oleh penggantinya otomatis tidak berlaku,” jelasnya.Selain itu, dengan tidak sahnya keputusan yang dikeluarkan tersebut maka dengan otomatis, dia dianggap melakukan penyalahgunaan kewenangan yang mengakibatkan kerugian negara. “Kalau dia menerbitkan KTP atau surat keterangan maka dokumen itu tidak berlaku dan menjadi sia-sia. Harus pengadaan lagi dan cetak lagi. Jadi ada kerugian negara dari akibat yang ditimbulkan. Dan ketika ada kerugian negara maka para kepala daerah pasti tahu muara dari akibat perbuatannya itu,” ingatnya.

Untuk itu, ia kembali mewarning para kepala daerah untuk tidak bermain api. “Jangan macam-macam. Laksanakan tugasnya sesuai dengan kewenangannya, sesuai peraturan perundangan berlaku,” pungkasnya. (b/yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top