30 Persen DD Digunakan Aparatur Desa – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

30 Persen DD Digunakan Aparatur Desa

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) sejauh ini masih belum sepenuhnya berpihak pada masyarakat umum. Hasil rapat Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra bersama Kementerian Keuangan pekan lalu terkait pengelolaan dana desa (DD) masih terdapat banyak hal yang perlu dibenahi. Catatan khusus dari menteri keuangan yakni APBDes dinilai belum proporsional.

Dalam rapat itu terungkap 30 persen dana desa masih digunakan oleh aparatur desa. Jumlah itu dinilai terlalu tinggi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, Ririn Kadariyah di depan para kepala daerah se-Sultra, Selasa (14/11) dalam rapat koordinasi evaluasi dan pengendalian pembangunan antara pemeriksa keuangan dan pemerintah kabupaten dan kota triwulan III.

Menurut Ririn, DD seharusnya berdampak pada berkurangnya angka pengangguran di desa. “Bisa ada swakelola DD itu dengan melibatkan pengangguran. Tapi yang terlihat sekarang porsi 30 hingga 40 itu diporsikan ke aparatur,” katanya. Itu merupakan tugas bupati lanjut dia, untuk memperhatikan APBDes yang proporsional di otoritanya.

Soal penyaluran DD tahap dua masih kata Ririn tengah dalam proses. Tujuh daerah sudah ditransfer ke rekening kas umum daerah masing-masing. Tujuh daerah dimaksud yakni Kolaka, Konsel, Bombana, Kolut,Konut, Koltim dan Buton Tengah. “Yang lain masih proses,” ujarnya.

Mengacu pada jadwalnya, dana 40 persen dari pagu anggaran DD ini penyalurannya mulai Agustus lalu. “Yang perlu dicatat adalah penyampaian dokumen penyaluran DD tahap II paling lambat 22 Desember,” tegasnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top