Wali Kota Kendari Harap Kerajaan Laiwoi Dukung Pembangunan Daerah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Wali Kota Kendari Harap Kerajaan Laiwoi Dukung Pembangunan Daerah

Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra dinobatkan sebagai bangsawan atau keluarga Kerajaan Laiwoi Kendari oleh Mokole Laiwoei X, Drs. Irwan Tekaka Sao-Sao, senin (13/11). Kini dia berhak menyandang gelar Anakia Pombodisino Lipu Wuta I Kandari. Foto: Kamaruddin Dai/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra bersama Ketua TP PKK Kota Kendari, dr. Hj. Siska Karina Adriatma, S.KM resmi dinobatkan sebagai kerabat Kerajaan Laiwoi. Keduanya kini menyandang gelar bangsawan. Penetapan keduanya sebagai keluarga kerajaan dilaksanakan disela acara pengukuhan pengurus Dewan Adat Kerajaan Laiwoi Kendari di Aula Bertakwa Kantor Wali Kota Kendari, senin (13/11).

Dalam acara ini, Adriatma Dwi Putra dianugrahi gelar kekerabatan adat dengan sebutan “Anakia Pombodisino Lipu Wuta I Kandari” yang artinya “Bangsawan Muda Pemimpin Negeri Kendari dan dr. Hj. Siska Karina Adriatma, S.KM sebagai “Permaisuri” oleh Mokole Laiwoei X, Drs. Irwan Tekaka Sao-Sao.

Adriatma menyambut positif penobatan dirinya sebagai kerabat kerajaan. “Saya sangat berterima kasih dengan penobatan ini. Hal ini merupakan salah satu wujud dari pelestarian keragaman budaya yang ada di Kota Kendari. Tentunya amanah ini akan saya jaga sebagai bentuk tanggung jawab selaku Wali Kota Kendari,” kata Adriatma.

Sekretaris DPW PAN Sultra ini juga mengapresiasi pengukuhan pengurus dewan adat Kerajaan Laiwoi Kendari. Kata dia, hal ini bertujuan untuk mengangkat budaya yang berupakan kerifan lokal di kalangan masyarakat, khususnya Kendari. Sekaligus merajut sinergitas dalam mewujudkan ketahanan budaya dan bangsa. “Kegiatan ini berorientasi untuk mewadahi aspirasi masyarakat adat se-Sultra untuk menggerakkan kelembagaan adat dalam aktivitas sosial dan kultur masyarakat untuk mengembangkan keragaman budaya daerah di Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,” bebernya.

Adriatma berharap, kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat adat yang ada di daerah, supaya kembali memikirkan langkah-langkah strategis dalam pengembangan keragaman budaya lokal. “Sekaligus mendorong perhatian bersama terhadap pengembangan kebudayaan nusantara. Dan tentunya dapat terbentuk sinergi antara Pemkot dan masyarakat adat untuk bersama-sama mengelola program pembangunan daerah. Ini penting untuk mewujudkan kebudayaan nasional di daerah,” terangnya.

Lebih jauh dia berharap, adanya pengurus dewan adat Kerajaan Laiwoi Kendari sehingga bisa bersama-sama untuk mendukung pembangunan daerah di segala bidang, khususnya budaya. Sebab, membangun kota yang heterogen, butuh partisipasi semua pihak. “Ini saya harapkan. Semua elemen harus bersatu untuk membangun daerah ini,” imbuhnya. (b/kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top