Surunuddin Fokus Kembangkan Rawa Aopa – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

Surunuddin Fokus Kembangkan Rawa Aopa

Kawasan Taman Rawa Aopa di Kecamatan Angata akan dimaksimalkan oleh Pemkab Konsel sebagai kawasan wisata dan potensi perikanan air tawar. Foto: Darwing Sihombing/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Satu lagi terobosan Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga pada akhir tahun kedua memimpin daerah itu. Ia menggagas pengembangan kawasan Taman Rawa Aopa di Kecamatan Angata untuk menjadi destinasi wisata dan memaksimlakan potensi perikanan .

Saat ditemui, Surunuddin Dangga mengungkapkan, pada 15 November nanti ia akan meluncurkan program tersebut. Selain pariwisata, kawasan taman nasional itu akan menjadi lumbung pangan lokal melalui budi daya pohon sagu. “Ia kita akan launching. Jadi ada empat potensi sekaligus, yakni wisata, budi daya ikan air tawar, lingkungan bebas sedimentasi, serta tanaman sagu untuk lumbung ketahanan pangan lokal,” ungkapnya, senin (13/11).

Ia menjelaskan, sampai kini kawasan taman Rawa Aopa memang terkesan menjadi lahan tidur yang tak termanfaatkan. Untuk memberdayakan itu ia berinisiatif memanfaatkan areal sekitar puluhan hektare untuk bisa bermanfaat bagi warganya. Meskipun masuk kawasan taman nasional, pihaknya akan melakukan kesepakatan dengan BKSDA agar kawasan tersebut dapat dimanfaatkan dan dikelola masyarakat.

“Selain wisata, di sana kan daerah rawa dan populasi ikan air tawar begitu melimpah. Kita coba kembangkan melalui empat program tadi. Dari pada jadi lahan tidur,” ulangnya, menegaskan. Surunuddin menambahkan, termasuk pohon sagu sangat cocok di daerah tersebut. Apalagi nilai dia sejauh ini masyarakat mulai kembali ke pangan alam. Selain mempertahankan kearifan lokal, sagu merupakan satu-satunya makanan tanpa pestisida.

Disamping itu, dengan terbukanya kawasan itu pihaknya melindungi kawasan Rawa Aopa dari pendangkalan dan sedimentasi. Untuk anggaran, Konsel-1 tersebut yakin tak akan membutuhkan nominal besar. Pasalnya, dalam pengembangan ini akan ada sinergi dengan beberapa dinas terkait. Mulai dari Dinas Perikanan, Pariwisata serta stakeholder lainnya.

“Sebelumnya kita sudah tetapkan Kolono sebagai kawasan pengembangan ikan asin, jadi seperti ikan air tawar juga perlu. Sehingga kedepannya kita punya semua, baik dari perikanan, pertanian, peternakan serta potensi lainnya,” tandas mantan Ketua DPRD Konsel tersebut. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top