SKT LSM Nakal di Koltim Terancam Dicabut – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Timur

SKT LSM Nakal di Koltim Terancam Dicabut

H. Sahibo

KENDARIPOS.CO.ID — Peringatan keras diberikan pada lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Kolaka Timur (Koltim) yang tak bekerja sesuai mekanisme dan aturan. Badan Politik dan Pemerintahan Umum (Bapolpum) mengidentifikasi, ada banyak oknum-oknum LSM yang tak bertanggung jawab menyalahgunakan fungsi serta peran lembaga tersebut. Bahkan telah membuat keresahan di kalangan pemerintah hingga masyarakat pedesaan.

Kepala Bapolpum Koltim, H. Sahibo mengimbau pada pengurus dan anggota LSM agar melakukan kontrol sosial ataupun pendampingan secara profesional berdasarkan aturan. “Lembaga tersebut punya payung hukum yang jelas dan dilindungi undang-undang. Makanya dalam aktivitasnya dapat secara leluasa. Tetapi dengan kebebasan seperti itu jangan justru disalahgunakan,” tegasnya, Senin (13/11).

Sahibo mengklaim, sejauh ini ia memang belum menerima laporan jika ada oknum LSM yang nakal, apalagi sampai pada tingkat tindakan pemerasan pada kepala desa atau pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Meski begitu, pihak Bapolpum akan terus memantau gejolak di lapangan jika itu terjadi. “Kami akan layangkan surat teguran jika ada LSM nakal. Selanjutnya bila masih diulangi, maka kami akan melakukan peninjauan surat keterangan terdaftar (SKT) bahkan mencabutnya,” ancam Sahibo.

Ia juga meminta, bagi LSM yang belum terdaftar di Bapolpum Koltim, agar segara melapor sekaligus mendaftar. Sebab, bila lembaga tersebut tidak memiliki legalitas di lingkup Pemkab, maka akan dilarang melakukan aktivitas. “Kami akan melaporkan pada pihak yang berwajib jika melaksanakan tugas sebagai LSM. Kami juga dalam pengurusan SKT tersebut tidak mempersulit,” sambungnya.

Dalam daftar yang ada saat ini, LSM di Koltim ada sekitar 21 lembaga dan terdaftar di Bapolpum. Dari jumlah tersebut, 17 lembaga itu sudah mengantongi SKT, sisanya masih dalam perlengkapan berkas. Selain itu nama LSM diharapkan tak menyerupai nama instansi atau lembaga pemerintahan. Contohnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau Kepolisian. (c/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top