Pesan Peringatan HKN ke-53, Gerakan Sehat Dimulai dari Keluarga – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Pesan Peringatan HKN ke-53, Gerakan Sehat Dimulai dari Keluarga

Sekprov Sultra, Lukman Abunawas (kiri) meninjau menu sehat yang ditampilkan peserta dalam lomba yang digelar panitia peringatan Hari Kesehatan Nasional, Kamis (13/11).

KENDARIPOS.CO.ID — Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Sultra di gelar dalam upacara di halaman kampus Poltekkes Kendari, Senin (13/11). Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Lukman Abunawas mewakili Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata memimpin seremoni tersebut dihadapan insan kesehatan Bumi Anoa itu. Lukman Abunawas berpesan agar masyarakat menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Gerakan sehat itu menurut Lukman Abunawas dapat dimulai dari setiap individu dan lingkungan keluarga lebih dulu. Hal itu memudahkan kampanya Germas di masyarakat. Menurutnya, pembangunan sektor kesehatan membutuhkan peran penting dari kelurga yang juga sebagai organisasi terkecil dari masyarakat. “Kalau seseorang terbiasa hidup sehat dalam dirinya, pasti bisa membias ke anggota keluarga lainnya akhirnya dalam pergaulannya di masyarakat bisa mempengaruhi juga orang lain,” ungkap Ketua KONI Sultra itu, Senin (13/11).

Hal itu kata Lukman Abunawas, sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Program itu juga sudah diintegrasikan dalam program kesehatan baik upaya kesehatan perorangan (UKP) maupun upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan, dengan target fokus kepada keluarga berdasarkan data dan informasi dari Profil Kesehatan Keluarga. “Kita punya keyakinan, saat masyarakat sehat maka negara ini akan menjadi kuat dan terus kuat, jadi jangan sepelekan kesehatan, karena itulah aset kita paling mahal,” tambah Lukman Abunawas.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra, Asrum Tombili mengatakan tingkat kesehatan masyarakat di kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di level posisi bawah jika dibandingkan dengan negara lain. Olehnya itu, Asrum Tombili sependapat dengan Sekprov jika soal kesehatan tidak bisa diremehkan. “Kalau infrastruktur bisa kelihatan kita membangun, tapi kalau kesehatan tidak kelihatan. Padahal ini juga perlu perhatian dan upaya terus menerus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, dan angka gizi kurang dan gizi buruk yang juga masih begitu banyak. “Inilah ukuran kualitas hidup kita, kalau masih banyak yang sakit berarti masih harus berjuang keras memberikan pemahaman pada masyarakat,” tambahnya.

Solusinya kata dia, Puskesmas harus menggerakkan seluruh potensinya untuk mengedukasi masyarakat. Sebab, petugas Puskesmas paling dekat dengan kehidupan masyarakat. Untuk diketahui, dalam upacara tersebut sejumlah sajian menu sehat ditampilkan. Itu juga bagian dari lomba peringatan HKN tahun 2017 ini. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top