Peringati HKN, Warga Konsel Harus Terapkan PHBS – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

Peringati HKN, Warga Konsel Harus Terapkan PHBS

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kiri) menyerahkan penghargaan dan SK tugas para tenaga medis program Nusantara Sehat dalam acara HKN, senin (13/11). Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Peringatan hari kesehatan nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 digelar pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) Senin (13/11). Dinas kesehatan bekerja sama dengan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) menggelar upacara HKN tersebut di pelataran rumah jabatan (Rujab) Bupati Konsel.

Bupati Konsel, H. Surunudin Dangga yamg memimpin upacara tersebut menekankan agar masyarakat selalu membudayakan perilaku hidup sehat. Pasalnya, komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, juga karena perilaku keluarga.

“Pemkab telah memberikan perhatian yang sungguh dengan mendorong program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas),” sambungnya. Wujud perhatian pemerintah dalam mendukung program tersebut dengan diterapkannya peraturand aerah (Perda) nomor 22 tentang desa “Mandara Mendidoha”.

“Jadi harus ada peningkatan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui satuan tugas (Satgas) Mandara Mendidoha. Serta peraturan bupati nomor 18 tahun 2016 tantang kawasan tanpa rokok (KTR) sudah harus dilaksanakan,” tegasnya. Dalam momen peringatan HKN ke-53 ini, Surunuddin berharap agar menjadi evaluasi bagi pihak instansi kesehatan, sudah sejauh mana keberhasilan pelayanan yang dilakukan pada masyarakat Konsel. Pada kesempatan itu, bupati memberi penghargaan pada 15 desa di daerah itu yang telah berhasil mendorong warganya untuk berkomitmen stop buang air besar (BAB) sembarangan.

“Saya berharap agar desa lain dapat melakukan hal sama sebagai bentuk komitmen kita menjadikan Konsel sebagai kabupaten yang bersih dan sehat serta layak huni,” harapnya. Pada kesempatan itu juga, Pemkab Konsel mendapatkan tenaga Nusantara Sehat yang merupakan penugasan khusus Kementrian Kesehatan RI sebanyak 38 orang. Sejumlah tenaga kesehatan itu terdiri dari dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, ahli gizi, apoteker, analis dan kesehatan lingkungan.

“Terima kasih pada pemerintah pusat yang memberikan tenaga kesehatan secara khusus ini. Mereka semua akan kita sebar ke Puskesmas di seluruh wilayah Konsel. Dengan demikian pelayanan kesehatan akan semakin lebih optimal,” imbuhnya. Pada kesempatan itu juga Bupati memberikan penghargaan kepada Agustiwi, Am.K, seorang petugas kesehatan teladan tahun 2017. Ia juga menyerahkan dua unit mobil ambulans pada Kepala Puskesmas Baito dan Atari Jaya, Kecamatan Lalembuu. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top