Pemprov Sultra Dapat Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Pemprov Sultra Dapat Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi Sultra mendapat dukungan besar dari pemerintah pusat dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional RI memberikan bantuan 5 unit mobil yang difungsikan sebagai perpustakaan keliling. Selain mobil, Pemprov juga mendapat bantuan buku bacaan. Penyerahan secara simbolis itu dilakukan di ruang pola kantor Gubernur Sultra oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muh. Syarif Bando kepada Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata.

Syarif Bando mengatakan bantuan mobil itu diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk membaca. Sebab, membaca adalah budaya yang tidak boleh punah. Dan buku adalah media ilmu terbaik sepanjang masa. “Buku merupakan sesuatu yang tak tergantikan sebagai bukti autentik. Walaupun kita bisa memperoleh informasi dari sumber lain seperti internet. Google bisa memberikan ribuan jawaban, tetapi bagi saya, buku bisa memberi satu jawaban yang benar,” ungkapnya, Senin (13/11).

Masalah minat baca lanjut Syarif berdasarkan pantauan langsung di pelosok Indonesia masih termasuk kategori tinggi. Hanya saja persoalannya adalah bahan bacaan yang dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Padahal, Indonesia menerbitkan 40 ribu judul buku setiap tahunnya. “Kemana buku itu. Sebarannya kurang merata, sehingga melalui bantuan ini kita berikan buku-buku terbaru yang bisa membuka wahana berpikir masyarakat,” ujar Syarif Bando.

Plt. Gubernur Sultra Saleh Lasata mengapresiasi bantuan tersebut. Ia meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sutlra untuk mengelola 5 unit mobil beserta bukunya itu. “Saya mewakili pemerintah dan masyarakat Sultra sangat berterima kasih atas bantuan ini. Semoga bisa sangat bermanfaat sesuai dengan harapan kita bersama,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, La Ongke menyebutkan lima unit mobil perpustakaan keliling itu akan dibagikan di lima perpustakaan daerah. Yaitu Pemprov Sultra, Kota Kendari, Kolaka Utara, Buton Selatan dan Wakatobi. “Ini memang kita usulkan lima unit. Daerah yang lain sudah ada, seperti di Konawe tahun lalu,” ujar La Ongke.

Seremoni penyerahan bantuan itu juga dirangkai dengan beberapa kegiatan. Seperti, pelantikan pengurus Gerakan Pemasyarakatan Mina Baca (GPMB), dan seminar pustakawan. Acara itu dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Universitas Halu Oleo, La Ode Nggawu dan Danrem I43 HO Kolonel Andi Perdana Kahar serta sejumlah kepala SKPD. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top