Pelabuhan Langara Laut di Konkep Belum Difungsikan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Kepulauan

Pelabuhan Langara Laut di Konkep Belum Difungsikan

Pelabuhan Langara Laut yang baru akan difungsikan tahun 2018 mendatang. Foto: Mursalin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Harapan masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas Pelabuhan Langara Laut pada tahun ini, belum dapat terealisasi.  Dinas Perhubungan (Dishub) Konawe Kepulauan (Konkep) tak dapat mengoperasikan infrastruktur transportasi laut tersebut, meski konstruksinya sudah rampung. Alasannya, pelabuhan yang berada di Kecamatan Wawonii Barat tersebut masih dalam tahap pemeliharaan.

“Enam bulan masa pemeliharaannya. Tahun depan baru bisa digunakan,” terang Kadishub Konkep, H. Harsin Abdul Rahim saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/10). Menurutnya, setelah tahapan pemeliharaan selesai, semua kapal rakyat yang selama ini beroperasi di Pelabuhan Kontainer akan dipindahkan ke Pelabuhan Langara Laut.

“2018 baru digunakan, semua kapal kayu yang melayani rute Langara-Kendari harus melakukan bongkar muat di pelabuhan baru ini. Agar pendapatan asli daerah (PAD) kita bertambah,” jelas Harsin Abdul Rahim.

Mantan Camat Wawonii Barat itu menjelaskan, tahun ini PAD yang dihasilkan dari dua pelabuhan baru mencapai Rp 13 juta. Pelabuhan itu terdapat di Wawouso, Kecamatan Wawonii Selatan dan Lamongupa, Wawonii Tengah. “Target PAD kami tahun ini Rp 15 juta. Kami optimis angka itu bisa tercapai. Karena anggota di lapangan belum menyetorkan lagi hasil PAD dua bulan terakhir,” ungkapnya.

Tahun 2018 mendatang ada lima pelabuhan yang akan menjadi sumber pengutipan PAD, termasuk di Langara Laut. Proyeksi pendapatan dari sektor itu hyga dinaikkan menjadi Rp 20 juta. “Kami juga sudah sosialisasikan ke masyarakat. Pungutan PAD sesuai kondisi ekonomi, yakni Rp 1.000 setiap kali masuk. Dan ini tidak ada penekanan,” tandasnya. (c/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top