Kelola Dana Desa di Buton Harus Dengan Padat Karya – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Kelola Dana Desa di Buton Harus Dengan Padat Karya

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah desa harus kian kreatif dan transparan dalam mengelola gelontoran dana desa (DD). Besarnya dana yang masuk harus sejalan dengan optimalisasi pemberdayaan masyarakat setempat. DD  harus dirasakan manfaatnya oleh warga lokal. Untuk itu, Plt. Bupati Buton, La Bakry meminta aparat desa untuk menggunakan cara padat karya dalam pelaksanaan program pembangunan. Langkah itu juga merupakan instruksi langsung Presiden RI, Joko Widodo.

“Masyarakat harus menjadi pelaku pembangunan agar uang berputar dalam desa sendiri. Misalnya, pekerjaan apapun, libatkan masyarakat desa sebagai pekerjanya,” kata La Bakry. Dengan begitu, tandem Umar Samiun itu optimis perputaran DD yang mencapai Rp 1 miliar tiap desa, bisa menggerakkan sendi ekonomi masyarakat. Selain itu, pengangguran bisa ikut diberdayakan.

Mengenai mekanisme yang menyebutkan bahwa proyek senilai Rp 200 juta harus melalui lelang, La Bakry masih berpikir jika proyek DD tak akan sebesar itu. Pada dasarnya, jika sistem padat karya benar-benar diterapkan, Ketua DPD PAN Buton itu meyakini ekonomi kerakyatan akan tumbuh.

Keyakinannya itu didasari pada kalkulasi besarnya dana yang digelontorkan ke desa-desa. Di Buton sendiri, dari 83 desa yang ada, menerima total dana Rp 64 miliar dengan setiap desa berkisar sekira Rp 500 hingga Rp 700 juta. Sementara untuk alokasi dana desa (ADD) di Buton totalnya mencapai Rp 46 miliar. Dengan demikian total dana masuk desa Rp 110 miliar. “Nah, dana ini wajib digunakan untuk membangun kesejahteraan masyarakat secara transparan. Bayangkan jika dana sebesar itu berputar dalam desa, ekonomi masyarakat pasti bertumbuh,” urainya.

Kuncinya, lanjut La Bakry, pemerintah desa harus mampu merangkul masyarakat. Seluruh program juga harus bergerak disektor produktif. “Sinergi itu harus dibangun. Padat karya ini selain bermanfaat ekonomi, juga bisa memupuk rasa solidaritas dan gotong royong di desa,” pungkasnya. (c/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top