DPRD Konut Temukan Kades Labengki Nepotisme – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

DPRD Konut Temukan Kades Labengki Nepotisme

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Penyalahgunaan dana desa (DD) di Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan (Laskep) yang dilaporkan ke DPRD Konawe Utara (Konut) sudah ditindaklanjuti. Pekan lalu, Komisi I DPRD yang diketuai Rasmin Kamil telah turun ke lapangan. Hasilnya, ditemukan fakta jika Kepala Desa Labengki, Jamaluddin dianggap melakukan tindakan nepotisme.

“Yang paling menonjol setelah kami turun, tata kelola pemerintahan Desa Labengki memang lebih cenderung melibatkan sanak keluarga. Nepotismenya tinggi. Misalnya dalam undang-undang desa, kepala desa lebih menempatkan posisi strategis mulai dari anak, kemenakan maupun ipar. Bahkan ada yang berdomisili di luar Labengki masuk dalam struktur pemerintahan,” ungkap Rasmin Kamil, didampingi Wakilnya, H. Nurtan Jaya, kemarin.

Selain itu, pengelolaan dana desa baik bersumber dari APBN maupun APBD banyak penyimpangan. Diantaranya beberapa kegiatan tidak melalui musyawarah. Padahal semua kegiatan desa harus melalui pertemuan dan kesepakatan. “Tetapi di sana, DD itu dikerjakan berdasarkan kemauan kepala desa. Bukan sesuai materi rapat yang dihasilkan. Seketika muncul kegiatan lain yang dilaksanakan,” tambah Ketua DPC PKB Konut itu.

Kegiatan fisik DD juga tidak berdasarkan keinginan masyarakat. Misalnya tahun ini pekerjaan talud penahan ombak yang dibangun, ternyata tidak dibutuhkan masyarakat. “Kesimpulannya kami mendorong untuk melakukan proses lanjut dalam bentuk rekomendasi yang kami serahkan pada bupati untuk menindaklanjuti,” ujarnya. Dalam agenda tersebut dihadiri sejumlah masyarakat Labengki hingga Bhabinkamtibmas, Bripka Ade Syahrul. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top