2018, Status Warga Buteng Dialihkan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Tengah

2018, Status Warga Buteng Dialihkan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pengalihan status warga Buton Tengah (Buteng) yang rencananya mulai dilaksanakan November 2017 ini terpaksa harus ditunda. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) baru akan bekerja pada 2018 mendatang. Alasannya, karena ada perubahan format pada blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Kadis Dukcapil Buteng, Syamsuddin mengatakan, Kamis (9/11) lalu, MK mengeluarkan surat keputusan tentang pencantuman kolom penghayat kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dalam KTP-el. Adanya keputusan tersebut menghambat proses alih status warga dari Buton ke Buteng. “Sebenarnya, November 2017 ini kita sudah akan mengalihkan status warga Buteng secara bertahap. Namun adanya keputusan terbaru, terpaksa pemerintah pusat menunda tender pencetakan blangko. Pasalnya, blangko baru yang dikeluarkan mesti sesuai dengan keputusan MK,” jelas Syamsuddin, senin (13/11).

Ia menjelaskan, selama ini yang ada hanya kolom agama, namun kini harus ditambahkan dengan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Hal tersebut diputuskan dengan asumsi ada kepercayaan warga tidak tercantum dalam enam agama resmi yang diakui pemerintah. “Seperti Kejawen atau kepercayaan lain, maka harus dicantumkan dalam KTP-el. Kendati rata-rata warga Buteng tak memiliki agama yang seperti itu, kalaupun ada hanya satu atau dua orang. Rencananya, format baru blangko KTP akan dikeluarkan 2018 nanti,” jelasnya.

Syamsuddin mengungkapkan, sambil menunggu format blangko terbaru sesuai keputusan MK dikeluarkan, pihaknya tetap melayani pencetakan KTP-el seperti yang digunakan saat ini. Sebenarnya, keputusan itu berlaku sejak ditetapkan, namun tidak bisa dipaksakan impelementasinya dalam waktu dekat. “Pasalnya, hal ini berkaitan dengan anggaran cetak blangko baru yang mesti melalui perencanaan dan proses tender. Perlu diketahui, saat ini kami menyiapkan 4.000 blangko KTP-el bagi masyarakat Buteng, sambil menunggu format baru,” tandasnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top