Tingkatkan Hasil Tangkap, Nelayan Kolaka Pakai Aplikasi Nelpin – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka

Tingkatkan Hasil Tangkap, Nelayan Kolaka Pakai Aplikasi Nelpin

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi laut Kolaka sangat menjanjikan bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan. Sayangnya, potensi tersebut tidak didukung sumber daya manusia sehingga hasil tangkap nelayan belum maksimal. Olehnya itu, agar produksi nelayan dapat maksimal, Pemkab Kolaka melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) berinisiatif menggelar pelatihan teknis nelayan tradisional berbasis teknologi.

Kepala Pusat Kajian Pengembangan Teluk Bone Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Syahrir yang menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut mengajak para nelayan tradisional untuk memanfaatkan teknologi dalam mencari ikan. Sebab saat ini telah tersedia suatu aplikasi berbasis android yang bernama Nelayan Pintar (Nelpin). Aplikasi tersebut sangat membantu nelayan dalam meningkatkan tangkapannya.

“Dengan aplikasi Nelpin ini, sebelum pergi mencari ikan nelayan dapat mengetahui di mana saja lokasi perairan yang banyak ikannya. Selain itu, dengan aplikasi itu nelayan mengetahui kondisi cuaca di perairan yang dituju seperti tinggi gelombang dan arah angin,” bebernya, minggu (12/11).

Syahrir mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan nelayan di Kolaka yang menggunakan aplikasi Nelpin. Padahal kata dia, aplikasi tersebut telah ada sejak tahun 2015 lalu. “Aplikasi ini sudah lama ada. Hanya informasinya tidak sampai ke masyarakat. Makanya, untuk pengembangan SDM nelayan, pelatihan seperti ini perlu diadakan,” tuturnya.

Syahrir menuturkan, banyaknya nelayan yang belum memiliki alat komunikasi berbasis android menyebabkan aplikasi Nelpin tidak banyak dirasakan oleh nelayan di Kolaka. “Mungkin ini menjadi perhatian pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan. Sebab untuk mengoperasikan aplikasi Nelpin, nelayan harus memiliki handphone berbasis android. Yang jadi masalah, banyak nelayan tak memilik HP android,” ujarnya. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top