Sesmenko Maritim Puji Wakatobi Wave, Raja se-Nusantara dan Internasional Ikut Takjub – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Sesmenko Maritim Puji Wakatobi Wave, Raja se-Nusantara dan Internasional Ikut Takjub

Seribu penari kolosal dari empat pulau di Wakatobi memeriahkan pembukaan Wakatobi Wave 2017. Tak hanya memukau warga dan para raja se-Nusantara, parade budaya yang ditampilkan juga memukau para pejabat yang hadir. Foto : Angga/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) tahun ini lebih semarak dari tahun sebelumnya. Bukan saja karena mampu menampilkan 1.000 penari kolosal dan 10.000 peserta karnaval budaya dari empat pulau besar di Wakatobi, tapi juga karena kehadiran para raja se-Nusantara. Bahkan, ada lima raja dari negara sahabat ikut hadir. Diantaranya dari China dan Malaysia.

Kendati tak dibuka Presiden RI, Joko Widodo, namun Wakatobi Wave yang ketiga kalinya ini tak luput dari perhatian masyarakat lokal, domestik hingga mancanegara. Dalam acara pembukaan, Sabtu (11/11), ada 46 rombongan raja se-nusantara yang menghadiri festival ini. Tak hanya itu, ada beberapa perwakilan raja internasional, diantaranya lima orang Royal Coucil D’Raja dari Nusantara Internasional dan Royal Council Nusantara sebanyak dua orang.

Festival yang dijadikan sebagai top event tahun ini berlokasi di lapangan Pangulubelo, Wangi-Wangi. Lokasi ini cukup untuk penampilan 1.000 penari kolosal. Seperti biasanya, pembukaan dimulai dengan penampilan Tamburu Liya lalu disusul karnaval budaya, penampilan kostum maritim,
hingga tari kolosal.

Pembukaan yang dimulai pukul 14.00 Wita. Meski kondisi matahari begitu terik, namun tak menyurutkan semangat seluruh peserta dan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan kegiatab tersebut. Antusias masyarakat cukup terlihat. Bukan hanya orang-orang sekitar Wangi-Wangi saja yang menyambangi lokasi kegiatan, ribuan warga dari tiga pulau lainnya, Kaledupa, Tomia dan Binongko juga tak ketinggalan melihat langsung acara yang gaungnya telah terdengar sejak beberapa bulan ini.

Saat membuka secara resmi Wakatobi Wave, Sekretaris Menteri Koordinator (SesMenko) Maritim RI, Laksda TNI (Purn) Agus Purwoto memberikan pujian atas suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut. Dia juga mengaku kagum dan terpukau dengan budaya kabupaten Wakatobi. Ia menyebut, Wakatobi yang telah menjadi kabupaten maritim ini sebagai daerah yang membangun negeri dengan budayanya.

“Wakatobi telah bangun negara dengan budaya. Patut diapresiasi, Pemkab Wakatobi sukses menggelar festival ini. Semakin luar biasa, karena mampu melibatkan peserta dari semua pulau untuk menampilkan parade budaya, perahu hias dan lainnya. Ini sungguh luar biasa,” pujinya. Dia berjanji akan melaporkan pelaksanaan kegiatan ini kepada Presiden Joko Widodo nantinya. Termasuk, beberapa kendala yang ditemui juga akan disampaikan. Ini demi kesempurnaan pelaksanaan kegiatan serupa di tahun berikutnya. “Kita harus dukung Wakatobi sebagai daerah maritim dan kaya akan budaya,” ungkapnya.

Sesmenko Maritim Laksda TNI (Purn) Agus Purwoto (ketiga dari kiri), Bupati Wakatobi Arhawi (keempat dari kiri), Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud(kedua dari kanan), Ketua DPRD Wakatobi Muh Ali (kanan), Sultan Buton (kedua dari kiri) foto bersama para raja se-Nusantara dan untusan raja internasional usai pembukaan Wakatobi Wave, Sabtu (11/11).

Bupati Wakatobi, H Arhawi sangat mengapresiasi konsep dan desain Wakatobi Wave tahun ini. Bukan hanya itu, ia juga sangat senang melihat masyarakat Wakatobi yang berbaur guna mensukseskan kegiatan ini. Dalam kesempatan itu tak lupa. ia mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang terlibat utamanya para panitia yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan kegiatan yang telah berlangsung selama tiga tahun secara berturut-turut ini.

Ketua Koni Wakatobi ini menuturkan, pelaksanaan Wakatobi Wave kali ini mengambil tema besar ‘Mengapresiasi Keragaman Budaya, Membina Keutuhan, Spirit Maritim dalam Rangka Memperkaya Khasana Budaya Nasional’. “Tema ini memberikan jawaban nyata atas konsistensi dan komitmen pemda dan seluruh masyarakat Wakatobi untuk terus merawat khazanah keragaman budaya maritim yang dimiliki daerah ini. Komitmen untuk terus dipelihara, dikembangkan dan menjadi kekayaan budaya nasional,” ungkap Arhawi, Sabtu (11/11).

Arhawi melanjutkan, aktualisasi tema tersebut telah dituangkan dalam karnaval budaya maritim dan penampilan 1.000 penari kolosal yang mewakili keragaman etnis dan seni budaya Wakatobi, yakni Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. “Komitmen kami seperti itu,” ujarnya. Sebelum acara dibuka Sesmenko Maritim, para tamu, para raja, hingga pengunjung dipukau dengan penampilan 1.000 penari kolosal yang merupakan gabungan dari penari Lariangi (Kaledupa), Sajomoane (Tomia), Balumpa (Binongko) dan tari Lengko (Wangi-Wangi). Tak sampai disitu, atraksi budaya yang menampilkan seratusan Konsoda’a dari pulau Wangi-Wangi juga mencuri perhatian semua pihak. Bahkan kehadiran peserta Konsoda’a di tengah lapangan disambut sorak-sorakan para tamu hingga penonton yang cukup takjub dengan budaya yang hanya dimiliki oleh masyarakat Wakatobi tersebut.

Pembukaan Festival Wakatobi Wave tak hanya dihadiri pejabat negara, tapi juga para raja se-nusantara, bahkan internasional. Tercatat, ada 46 rombongan raja menghadiri festival tahunan tersebut. Diantaranya, ada Sultan Buton, Raja Kerajaan Sidenreng Rappang Sulsel, Raja Kerajaan Mangkunegaran Jawa Tengah dan lainnya. Mereka juga cukup takjub dengan pelaksanaan wakatobi Wave.

Tak hanya menyaksikan parade budaya, mereka juga melakukan sidang agung raja-raja D’Raja Nusantara di Wakatobi. Hal itu diungkapkan Koordinator Daerah para raja-raja, La Ane Puru. “Ada juga perwakilan raja-raja Internasional, diantaranya Royal Council D’Raja Nusantara Internasional sebanyak lima orang dan Royal Council D’Raja Nusantara dua orang,” jelas La Ane, Sabtu (11/11). Hadir dalam festival ini Bupati Buru Selatan, Wakil Bupati Taliabo dan Wali Kota Baubau. Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh juga terlihat hadir. Kegiatan Wakatobi Wave berlangsung sampai hari ini. (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top