Sepekan, Polres Konawe Tilang 472 Pengendara – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

Sepekan, Polres Konawe Tilang 472 Pengendara

Personel Satlantas Polres Baubau mengenakan pakaian kepolisian jaman dulu dalam gelaran Operasi Zebra. Foto: Akhirman/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Anoa oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Baubau menyuguhkan pemandangan berbeda, akhir pekan lalu. Tak seperti biasanya, personel yang dikerahkan di lapangan mengenakan seragam khusus seperti pakaian polisi zaman dahulu. Semua itu ternyata sengaja dilakukan dalam euforia memeringati hari pahlawan. “Dalam rangka memperingati hari besar nasional atau hari pahlawan yang bertepatan dengan Operasi Zebra Anoa, maka Satlantas yang menjalankan tugas menggunakan seragam polisi tempo dulu. Sebagai upaya untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan,” kata Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam saat ditemui usai menghadiri kegiatan Muspida Kota Baubau di pelataran Pelabuhan Murhum, akhir pekan lalu.

Selain itu, tujuan lain mengenakan seragam polisi zaman dulu itu juga dimaksudkan untuk menyegarkan kembali ingatan masyarakat akan kerasnya perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. “Masyarakat dan anggota Polri sendiri harus tahu, bahwa apa yang ada saat ini merupakan jasa dari pahlawan kita. Berkat kerja keras dan perjuangan merekalah negara kita bisa seperti ini dan kemudian diwariskan pada penerus sekarang,” sambung AKBP Daniel Widya Mucharam.

Sementara itu, hingga pekan lalu pihaknya sudah menindak 100 pengendara dengan 332 jenis pelanggatan. “Akan tetapi untuk tindakan represif kita berikan terakhir. Karena kita lebih menekankan masyarakat agar lebih sadar dan taat berlalu lintas,” pungkasnya. Di Konawe, dalam sepekan terakhir Satlantas Polres juga melakukan penindakan pada 472 pelanggar. Para pelanggar terdiri dari 127 orang tanpa SIM, tidak memiliki STNK 215 orang, tak mengenakan helm 84 orang dan tanpa memakai sabuk pengaman 46 pelanggar.

Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar melalui Kasatlantas, AKP Jumiran mengatakan, jalan poros Konawe merupakan zona simpul perlintasan antar kabupaten, dan kendaraan yang melaju selalu tinggi. Dengan banyaknya lorong disepanjang jalan, semakin rawan terjadi lakalantas. Olehnya itu, melalui Operasi Zebra pihaknya menertibkan pengendara supaya selalu mengemudi dengan atribut lengkap seperti helm, untuk menghindari kecelakaan fatal. Juga dilengkapi dengan surat-surat kendaraan, sehingga mempermudah melacak apabila ada kendaraan hilang.

“Ketika operasi, pelanggaran yang paling banyak karena tidak memiliki STNK, dan SIM, kemudian tidak mengenakan helm. Untuk pelanggar yang tidak mengenakan helm, petugas bisa langsung melihat dan menindaki, tapi untuk SIM dan STNK memang harus diperiksa satu persatu semua kendaraan yang lewat, dan ternyata cukup banyak,” ungkap Jumiran. (c/ahi/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top